Pengaruh Kecerdasan Emosional, Latar Belakang Jurusan, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.64983Keywords:
Kecerdasan Emosional, Latar Belakang Jurusan, Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman AkuntansiAbstract
Tingkat pemahaman akuntansi yang dimiliki mahasiswa merupakan fokus penting karena merupakan salah satu indikator keberhasilan pendidikan yang mengarah pada akses karir kedepan seperti menjadi seorang akuntan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, latar belakang jurusan, dan perilaku belajar pada tingkat pemahaman akuntansi. Desain penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang berbentuk asosiatif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dengan metode survei menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebanyak 156 responden dengan teknik penentuan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan bahwa kecerdasan emosional, latar belakang jurusan, dan perilaku belajar berpengaruh positif pada tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional, latar belakang jurusan, dan perilaku belajar yang dimiliki mahasiswa maka semakin tinggi pula tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Angkatan 2019. Hasil penelitian ini sejalan dengan teori kecerdasan majemuk dan teori sibernitik. Berdasarkan nilai koefisien determinasi penelitian ini, tingkat pemahaman akuntansi mampu dijelaskan oleh seluruh variabel independent, tetapi masih terdapat faktor pemicu lain untuk meningkatkan pemahaman akuntansi.
References
Azis, S. N. (2021). Tingkat Kecerdasan, Perilaku Belajar, dan Kompetensi Dosen dalam Peningkatan Pemahaman Akuntansi (Sarana Pendidikan sebagai Pemoderasi). JAK : Jurnal Akuntansi, 8(2). https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2540.
Benu, T. I. A., & Nugroho, P. I. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1). https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.32829.
Cetin, B. (2015). Academic Motivation And Approaches To Learning In Predicting College Students’ Academic Achievement: Findings From Turkish And US Samples. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 12(2), 141–150. https://doi.org/10.19030/tlc.v12i2.9200.
D, A. W., Yudi, Y., & Friyani, R. (2020). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada OPD di Pemerintah Kabupaten Muara Bungo). JAR: Jambi Accounting Riview, 1(1). https://doi.org/10.22437/jar.v1i1.10941.
Daff, L., Lange, P. De, & Jackling, B. (2017). A comparison of generic skills and emotional intelligence in accounting education. Accounting Education, 27(3), 627–645. https://doi.org/10.2308/iace-50145.
Dewi, N. P. R. A., & Wirama, D. G. (2016). Kepercayaan Diri Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(1), 615–644. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/20320.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31004/Edukatif.V2i1.89.
Gae, N. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi ke- 9). Semarang: Badan Penerbit-Undip.
Gusnawati, A., & Setiyaningsih, T. A. (2020). Determinan Tingkat Pemahaman Akuntansi Dari Perspektif Gender. Jurnal Akuntansi Dan Governance, 1(1), 24–37. https://doi.org/10.24853/jago.1.1.24-37.
Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332.
Jemaun, A. Y. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Pemoderasi. Universitas Sanata Dharma.
Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(1), 36–43. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4197.
Mahmud, M. D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, Dan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara). Financial: Jurnal Akuntansi, 6(1), 24–35. https://doi.org/10.37403/financial.v6i1.128.
Maryam, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi STIE Sutaatmadja Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2). Retrieved from https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/427.
Mawardi, M. C. (2017). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi Di Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Malang. Iqtishoduna, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.18860/iq.v0i0.1758.
Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 98–104. https://doi.org/10.29210/146600.
Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Purnamayani, A. D., Suwatra, I. I. W., & Wibawa, I. M. C. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Leadership Skill Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Kelas V. JIPPG: Jurnal Ilmu Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 269–281. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28412.
Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501.
Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.
Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Nominal, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357.
Sari, D., Rahmiyanti, D., & Abdullah, A. R. (2021). Pengaruh Budaya, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Pemahaman Akuntansi dengan Kluster Perekonomian sebagai Variabel Moderasi Berdasarkan Perspektif Gender. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 4(2), 100–111. https://doi.org/10.35326/jiam.v4i2.1579.
Satria, M. R. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Amwaluna : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1). https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2022.
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980.
Sitorus, S. D. H. (2017). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Pengetahuan Tentang Akuntansi Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pedagang Di Wilayah Kelurahan Helvetia Tengah Medan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Syariah, II(2). https://doi.org/10.30821/ajei.v2i2.1229.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukarini, L., & Dewi, P. E. D. M. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan,Pengalaman Kerja, Pelatihan, Dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Bumdes Di Kecamatan Negara. JIMAT: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20429.
Wulandari, A., Maslichah, & Sudaryanti, D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Dilihat Dari Perspektif Gender. E-Jra, 09(02), 53–72.
Wulandari, E., & Asri, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 60. https://doi.org/10.24036/108264-019883.
Yuniarti, T., Widhianningrum, P., & Sulistyowati, N. W. (2020). A Study of Accounting Learning Achievements Using Emotional Intelligence and Learning Behavior. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.25273/jap.v9i1.4179.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Made Ria Paramita Wiraningsih, Maria Mediatrix Ratna Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)