Dukungan Sosial dan Academic Burnout pada Mahasiswa UKSW yang sedang Menyusun Tugas Akhir
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i3.75685Keywords:
Dukungan Sosial, Academic Burnout, MahasiswaAbstract
Skripsi merupakan salah satu syarat sebuah kelulusan program sarjana. Hambatan dalam penyusunannya diantaranya malas, tidak yakin dengan kemampuan, tidak memiliki motivasi sehingga mahasiswa mengalami academic burnout. Dampak academic burnout menyebabkan skripsi tidak terselesaikan tepat waktu. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah dukungan sosial. Permasalahan penelitian ini adakah hubungan dukungan sosial dengan academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis hubungan dukungan sosial dengan academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini mahasiswa di Universitas Kristen Satya Wacana yang sedang dalam tahap proses pengerjaan skripsi dengan sampel sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik convinience sampling. Instrumen variabel Academic burnout diukur menggunakan skala SBI dan dukungan sosial diukur dengan menggunakan skala MSPSS. Data di analisis menggunakan uji spearman rho yang dioleh dengan program SPSS. Hasil pengujian hubungan dukungan sosial dengan academic burnout menggunakan uji Rank Spearman diperoleh terdapat hubungan negatif yang signifikan dukungan sosial dengan academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir.
References
Agustin, L. (2022). Hubungan dukungan orang tua dengan kejenuhan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palembang. Skripsi Program Studi Bimbingan Dan Konseling.
Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Undip, 13, 69–81.
Fun, L. F., Kartikawati, I. A. N., Imelia, L., & Silvia, F. (2021). Peran bentuk social support terhadap academic burnout pada mahasiswa psikologi di universitas “X” bandung. Mediapsi, 7(1), 17–26. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.01.3.
Gold, Y., & Roth, R. A. (1993). Teachers managing stress and preventing burnout: the professional health solution. The Falmer Press.
Hanif Hidayatullah. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan academic burnout pada tenaga kesehatan di rumah sakit umum daerah meuraxa. March, 1–19.
Khairani, Y., & Ifdill. (2015). Konsep burnout pada mahasiswa bimbingan dan konseling. 4(4), 208–214.
Khusumawati, Z. E., & Christiana, E. (2014). Penerapan kombinasi antara relaksasi dan self-intruction untuk mengurangi kejenuhan belajar. Jurnal Bk Unesa, 5(1), 1–10.
Kilic, R., Nasello, J. A., Melchior, V., & Triffaux, J. M. (2021). Academic burnout among medical students: respective importance of risk and protective factors. Public Health, 198, 187–195. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2021.07.025.
Kim, B., Jee, S., Lee, J., An, S., & Lee, S. M. (2018). Relationships between social support and student burnout: a meta-analytic approach. Wiley, 34(1), 127–134. https://doi.org/10.1002/smi.2771.
Madigan, D. J., & Curran, T. (2021). Does Burnout Affect Academic Achievement? A Meta-Analysis of over 100,000 Students. Educational Psychology Review, 33(2), 387–405. https://doi.org/10.1007/s10648-020-09533-1.
Niedobylski, S., Michta, K., Wachoł, K., Niedziałek, K., & Łopuszańska, U. (2022). Academic burnout , self-esteem , coping with stress and gratitude among polish medical students – a cross sectional study. 23(4). https://doi.org/10.2478/cpp-2022-0023.
Oyoo, S., Mwaura, P., Kinai, T., & Mutua, J. (2020). Academic burnout and academic achievement among secondary school students in Kenya. Education Research International, 2020(1), 5347828. https://doi.org/10.1155/2020/5347828.
Panjaitan, M., Rini, A. D., Agusalim, L., Abdullah, Z., Purwandaya, B., & Pasaribu, B. (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Trilogi Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2). https://doi.org/10.36908/isbank.v7i2.394.
Rahmasari, F. (2016). Hubungan dukungan sosial dengan burnout belajar pada siswa kelas xi di sma negeri 4 yogyakarta. Artikel E-Journal.
Rahmati, Z. (2015). The study of academic burnout in students with high and low level of self-efficacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 49–55. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.087.
Redityani, N. L. P., & Susilawati, L. K. P. A. (2021). Peran resiliensi dan dukungan sosial terhadap burnout pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1), 86–94. https://doi.org/10.24843/JPU.2021.v08.i01.p09.
Rosyad. (2019). Hubungan Antara Spiritualitas dan Stres pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal EL-Tarbawi, 10(2), 39–62.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health pschology biopssycholsocial interaction (Seventh Ed). John Wiley & Sons. Inc.
Saraswati, N., Dwidiyanti, M., Santoso, A., & Wijayanti, D. Y. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Keperawatan. Holistic Nursing and Health Science, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.14710/hnhs.4.1.2021.1-7.
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036.
Soekanto, A., & Rianti, E. D. D. (2021). Analisis tingkat kelelahan mahasiswa dalam pembelajaran daring di era pandemik covid-19 tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 10(2), 154. https://doi.org/10.30742/jikw.v10i2.1446.
Suárez-Colorado, Y., Caballero-Domínguez, C., Palacio-Sañudo, J., & Abello-Llanos, R. (2019). The academic burnout, engagement, and mental health chages during a school semester. Duazary, 1(16), 25–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21676/2389783X.2530.
Sutoyo, D., Kadarsah, R. K., & Fuadi, I. (2018). Sindrom burnout pada peserta program pendidikan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif fakultas kedokteran universitas padjadjaran. Jurnal Anestesi Perioperatif, 6(3), 153–161. https://doi.org/10.15851/jap.v6n3.1360.
Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Jurnal Pendidikan, 1(1), 14–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4707.
Yang, H. J. (2004). Factors affecting student burnout and academic achievement in multiple enrollment programs in Taiwan’s technical-vocational colleges. International Journal of Educational Development, 24(3), 283–301. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2003.12.001.
Ye, Y., Huang, X., & Liu, Y. (2021). Social support and academic burnout among university students: a moderated mediation model. Psychology Research and Behavior Management, 14, 335–344. https://doi.org/10.2147/PRBM.S300797.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Christina Primer Diningtyas Yosalia, Christiana Hari Soetjiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)