Model Pembelajaran OPPEMEI terhadap Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Made Dwi Sukmawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indoensia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Luh Putu Sri Lestari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i1.76554

Keywords:

Hasil belajar, IPAS, Model Pembelajaran OPPEMEI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya guru menggunakan model pembelajaran saat mengajar di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran OPPEMEI dan siswa yang dibelajarkan dengan model konvenesional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini terdiri dua kelas yaitu kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar yang berjumlah 57 siswa. Kemudian sampel dipilih, kelas IVA ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB ditetapkan sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPAS yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran OPPEMEI berdampak terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dampak dari menggunakan model pembelajaran yaitu bagi siswa pengalaman belajar lebih menarik dan menyenangkan, sehingga hasil belajar siswa meningkat.

References

Agustiana, I. G. A. T. da. I. N. T. (2019). Konsep Dasar IPA: Aspek Fisika dan Kimia. Penerbit Ombak.

Agustiana, T. G. A., Agustiani, R., & Ibrahim, M. (2018). Model Pembelajaran OPPEMEI. Undiksha Press.

Ambarwati, Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Pada Kurikulum Merdeka Melalui Model Pembelajaran Role Playing. Journal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 31–41. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8988.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299.

Astutik, D., Yuhastina, Y., Ghufronudin, G., & Parahita, B. N. (2022). Guru Dan Proses Pendidikan Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 46–54. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p46-54.

B.S.N.P. (2011). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Kemdiknas.

Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2021). Schooling progress, learning reversal: Indonesia’s learning profiles between 2000 and 2014. International Journal of Educational Development, 85(April), 102436. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436.

Darma, K. A. S., Agustini, K., & Pradnyana, G. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Rumah Belajar Jejak Bali Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Anatomi Fisiologi Di SMK Negeri 1 Kubutambahan (SMK Kesehatan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI, 8(2), 261. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18150.

Ekayanti, N. L. P., Darsana, I. W., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Media Komunikasi FPIPS, 18(2), 351–360. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i2.22241.

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2349.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(30), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.

Gusti Ayu Tri Agustiana, I., Agustini, R., Ibrahim, M., & Nyoman Tika, I. (2020). Model OPPEMEI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Journal of Education Technology, 4(2), 150–160. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25343.

Iklima, B., Wasitohadi, W., & Sri Rahayu, T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas 4 SDN Cukil 01 Kabupaten Semarang Semester II. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 347. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.382.

Indra Sukmawati, N., Dantes, N., & Dibia, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 198–206. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19390.

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360.

Khoiruddin, M. (2021). Kegiatan Berbagi Pengetahuan Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Di SMKN 4 Bandung. Jurnal Pustaka Budaya, 7(1). https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb.

Khoirun Nisa, Y., No, G. S. T. K. I. P. P. G. R. I. T. J. M. S., M., T., K., & Timur, J. (2022). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas III SD. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. https://doi.org/http://journal2.ulm.ac.id/index.php/sd/.

Larasati, F., & Syamsulrizal, S. (2022). Validitas Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA/MA tentang Materi Mutasi. Journal on Teacher Education, 4, 250–262. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6073.

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98. https://doi.org/10.23887/jpmul.v2i2.20821.

Murdanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611.

Nisa, M. A., & Tirtoni, F. (2023). Pengaruh Pembelajaran Active Learning Poster Comment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Visipena, 13(2), 85–102. https://doi.org/10.46244/visipena.v13i2.1923.

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186.

Oskara, N., Kuningan, S. M., Barat, K. J., Usamah, A., & Jawa Barat, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas III SDN 1 Bunigelis. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1, 295–301. https://doi.org/https://edukasi.org/index.php/jip.

Pramesti, C., Sidik, R. S. R., Suryanti, S., L., A. S., & Yuliani, F. (2023). Diseminasi Pertanyaan Pemantik Menuju Pembelajaran Bermakna. Khaira Ummah, 2(01). https://journal.unisnu.ac.id/khairaummah/article/view/657.

Primayana, K. H., Lasmawan, W. I., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. https://doi.org/http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index.

Purwaningrat, K., Antara, P., & Sularjana, I. M. (2021). Instrumen Penilaian Persepsi Motorik Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 128. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.33225.

Rani, N., & Mujianto, G. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Transformasi Energi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kelas IV. Sekolah Dasar, 09, 589–590. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8056.

Tri Agustiana, I. G. A., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Efektivitas Model OPPEMEI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Journal of Education Technology, 4(2), 150. https://doi.org/10.23887/jelt.v4i2.25343.

Wea, R. Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Lks Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdk Sadha. Program Studi PGSD STKIP Citra Bakti, 3, 972–982. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i2.1193.

Yulianto, A. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VI SDN 42 Kota Bima. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 6–11. https://doi.org/https://journal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas.

Downloads

Published

2024-08-01

Issue

Section

Articles