Media Video Pembelajaran Interaktif Kontekstual pada Muatan PPKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i1.77429Keywords:
Pengembangan, Media, Media Video Interaktif Kontekstual, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran PPKn. Selain itu, guru belum memanfaatkan media pembelajaran karena masih banyak menggunakan metode lama dalam penyampaian materi, walaupun telah banyak media pembelajaran yang mendukung untuk alat bantu pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya perolehan hasil belajar PPKn siswa III. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan media video pembelajaran interaktif kontekstual pada muatan PPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, dengan menggunakan subjek penelitian menggunakan 24 siswa. Metode pengumpulan data adalah pencatatan dokumen, kuesioner atau angket, dan tes. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dan lembar tes. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah belajar menggunakan media video pembelajaran interaktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran interaktif kontekstual efektif digunakan untuk hasil belajar siswa kelas III SD. Penelitian ini diharapkan dapat menarik semangat belajar siswa serta dapat memotivasi siswa untuk belajar.
References
Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat Sd. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267.
Alfadhil, D. M., Anugrah, A., & Alfidhin Hasbar, M. H. (2021). Budaya Westernisasi Terhadap Masyarakat. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 99–108. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.37.
Alfrida, M. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan, 1(2), 54–64. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/49.
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079.
Bahtiar, R. D. A. A. (2022). Pengembangan Media Video Interaktif Berorientasi Pendekatan Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Materi Hubungan Ekosistem Dengan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 5 Sd. 1236–1247. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47137.
Biassari, I., & Kharisma Eka Putri. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Seminar Pendidikan, 4(1), 71. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1403.
Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139.
Bintang, H., Darnah, E., Masta, N., Rinaldi, R., Guswantoro, T., & Sianturi, M. (2020). Analisis Pengetahuan Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Integrasi Flipped Classroom dan PBL. Physics Education Research Journal, 2(2), 105. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6208.
Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203.
Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095.
Edo, S. G., Mau, S. D. I., Setiawi, A. P., Informatika, T., Stella, S., & Sumba, M. (2024). Perancangan Model Inovasi Pembelajaran Menggunakan Berbantu Teknologi Platform Lumi Designing a Learning Innovation Model Using the Multimedia Development Life Cycle ( MDLC ) Method Assisted by Lumi Platform Technology. 7(2). https://doi.org/10.31289/jesce.v6i2.10508.
Fananti, N., Afryaningsih, Y., & Aqmal Nurcahyo, M. (2022). Pengembangan Vidio Pembelanjaran Interaktif Pada Tema 6 Subtema 3 Energi Alternatif Pembelajaran 1 Kelas III Sekolah Dasar. Edunity : Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(02), 73–80. https://doi.org/10.57096/edunity.v1i02.14.
Fitriani, N. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pentingnya Pembelajaran Pkn dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9098–9102. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2426.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.
Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1489.
Hilmiatussadiah, K. G. (2020). Hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi dengan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 66–69. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/26697.
Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 62–68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8856.
Kartika, I. (2019). Penggunaan Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifandan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas Iv Sdn Rosela Indah Subangtahun 2014-2015. Jurnal PenelitianGuru FKIP Universitas Subang, 02(1), 232–240. https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/471/416.
Lambuse, H., & Aryani, F. (2023). Pengembangan Media Video Edukasi untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMA Negeri 2 Luwuk Banggai. Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences, 2(2), 195–204. https://doi.org/10.26858/.v2i2.47267.
Latifah, Zwagery, R. V., Safithry, E. A., & Ngalimun. (2023). Basic Concepts of Child and Youth Creativity Development and Its Measurement in Developmental Psychology. EduCurio: Education Curiosity, 1(2), 426–439. http://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/275.
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 349–353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289.
Marliani Rahmania, D., Haq Mustafa, A., Fitriani, H., Handayati, S., Nur Aeni, A., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Daerah Sumedang, K., Abdurahman No, M., Sumedang Utara, K., Sumedang, K., & Barat, J. (2023). Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Capcut sebagai Media Dakwah dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(01), 3680–3688.
Mau, M. (2022). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parindu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 1–15. https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.34.
Muhartini, Amril Mansur, & Abu Bakar. (2023). Muhartini 2023. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.881.
Muliani, E., & Tindaon, J. (2021). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Guru. 1(2), 77–80. https://ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/view/77.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432.
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.69.
Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841.
Rahma Dhini, U., Ritonga, S., Nabila, M., Junianti, R., & Syah, Z. (2024). Peran Guru dalam Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Pembelajaran. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 34–42. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v8i1.1417.
Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163.
Sadilah, T. G., & Winarto. (2021). Systematic Literatur Review: Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Di Sekolah Dasar. DialektikaJurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 11(2), 742–742. https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1192.
Sari, I. P., Nurtamam, M. E., & Hanik, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game 2D Flash Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Untuk Siswa Kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83–91. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7815.
Sari, M. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif dalam Pembelajaran PKN untuk Meningkatkan Aktivitas dan Belajar Siswa Kelas V SD. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48. http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v4i1.1515.
Savitri, K. P. B., & Manuaba, I. B. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Berbasis Model PBL sebagai Media Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 344–354. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4070.
Setyoningtyas, K. Y., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Instruksional Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1521–1533. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.601.
Sholikhah Natu, H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Androis Materi PPKn Keberagaman Karakter Individu Bagi Siswa SD. E-Jurnal Skripsi Prodi Teknologi Pendidikan, 10(8), 822–830. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/17632.
Sugiyono, S., Sutarman, S., & Rochmadi, T. (2019). Pengembangan Sistem Computer Based Test (Cbt) Tingkat Sekolah. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(1), 1. https://doi.org/10.21927/ijubi.v2i1.917.
Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88.
Wahyu Ningtia, M., & Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Matematika Materi Kesetaraan Pecahan Mata Uang Kelas II SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 10 No 06 (2022), 1304–1318. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47174.
Wati, L. I., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 65–76. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p65-76.
Wicaksana, Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.
Wulandari, R. M., Widyaningrum, L., & Arini, L. D. D. (2021). Pengaruh Inovasi Cerdas pada Sistem Muskuloskeletal melalui Media Pembelajaran Interaktif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3034–3042. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1205.
Yumriani, Y., Maemunah, M., Samsuriadi, S., Tapa, M. A., & Burbakir, B. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 119–130. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2434.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Komang Astari, I Ketut Gading, I Made Citra Wibawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)