Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Gaya Belajar Siswa terhadap Minat Belajar IPAS Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i1.78654Keywords:
Model problem based learning, Gaya Belajar, Minat Belajar IPASAbstract
Rendahnya minat belajar siswa di sekolah dasar menjadi salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Guru tidak menggunakan media pembelajaran atau model pebelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Melihat hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi gaya belajar siswa terhadap minat belajar IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas IV sebanyak 14 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV sebanyak 12 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dengan bentuk kuesioner muatan IPAS. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa lembar kuesioner. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskripsi data dan uji prasyarat (uji-t). Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi gaya belajar siswa terhadap minat belajar IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Penggunaan metode ini berhasil membuat siswa lebih aktif dalam pembelajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa terlatih dengan baik. Diharapkan dengan penelitian ini guru dan siswa mendapatkan sisi positif dan dan guru dapat mengembangkan model pembelajaran yang lebih inovatif.
References
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.
Chriswahyudi, C., & Fransisca, W. (2021). Perancangan Preferensi Konsumen untuk Meningkatkan Kualitas Sabun Mandi Ramah Lingkungan Menggunakan QFD. Jurnal Optimalisasi, 7(1), 130. https://doi.org/10.35308/jopt.v7i1.2709.
Dede Anggiana, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 886–894. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061.
Dian Tri Ardhana Saputra. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Di Sma Muhammadiyah Kupang. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1(November), 206–222. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/1353.
Faizah, A., & Wardani, N. S. (2024). Peningkatan Minat Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Digital-Flashcard Siswa Kelas 2 Sdn Sidorejo Lor 03 Salatiga. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 216–221. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1151.
Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 78–88. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i2.9780.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136.
Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & ... (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2936–2941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11446.
Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121–130. https://doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7307.
Loita, A., & Afifah, T. S. (2019). Rancangan Bahan Ajar Montase Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Studi Islam, Vol. 12(1). https://journal.umtas.ac.id/index.php/senmufest/article/view/2614.
M, I., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 110. https://doi.org/10.32332/elementary.v8i2.5201.
Manik, I. K. (2020). Efektivitas Metode Tanya Jawab Multi Arah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 133–142. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24598.
Matondang, S. (2021). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Kelas Iv Sd Negeri 228 Hutagodang. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1), 11–20. https://doi.org/10.37081/jipdas.v1i1.15.
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849.
Midoni, Husen, A., Sugiyanti, Octaviani, Wenayunita, Irhamni, & Bustoni, D. (2022). Implementasi Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Belajar Al-Qur’an pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI IPA 1 SMA. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 264–268. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i3.147.
Miftahussaadah, M., & Subiyantoro, S. (2021). Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. Islamika, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1008.
Muhammad, D. H., Tobroni, & Faridi. (2023). Rekonstruksi Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Iislam: Model-Model Pembelajaran. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 7(2), 183–195. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v7i2.855.
Munawarah, S., Antoni, Afnibar, & Batubara, J. (2023). Kesulitan Belajar pada Siswa : Analisis Tentang Jenis-Jenis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya pada Siswa Smas Jabal Nur Jadid Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12640–12650. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8406.
Niawati, K., S, E. E., & Nursyahidah, F. (2023). Analisis Minat Belajar melalui Media Lagu pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Wonotingal. 7(20), 20967–20973.
Ningsih, C. S., & Rusnoto, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Kolase sebagai Upaya Edukasi Fauna di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 645–648. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.805.
Nuralan, S. (2022). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Sdn 1 Buga. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 4(1), 33–43. https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.210.
Nurjanah, T., & Esa, Y. M. (2019). Optimalisasi Hasil Belajar IPA Melalui Model Project Based Learning. Jurnal Adat Dan Budaya, 1(4), 59–65. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4677.
Nurluthfiana, F., Masytoh, E. U., Berliana, S., & Jannata, W. (2023). Pentingnya Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa SD Kelas Rendah Di SD Negeri Kunir 1 Dempet Demak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau), 2(1), 375–384. https://badanpenerbit.org/index.php/mateandrau/article/view/307.
Nurzaki Alhafiz. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negeri 23 Pekanbaru. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.946.
Padilla, A., Munthe, W. M. L., & Aditiya, W. (2020). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn materi Gotong Royong Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7364
Pratama, C. K., & Widodo, A. (2020). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Long Passing Pada Pemain Ssb Polda Jatim. Jurnal Kesehatan Olahraga, 08(04), 35–42. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/35026.
Putra, R. D. O., Rusmawa, & Suyantini, M. M. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle terhadap Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1711–1717. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5588.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14.
Ratna, V., Sari, I., Purnamasari, V., & Sustaminawhanti, Y. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar IPAS Kelas 5 Sekolah Dasar. 4, 1767–1773.
Sarnoto, A. Z. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(3), 15928–15939. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5470.
Sukmawarti, & Hidayat. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(4), 350–363. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25904.
Supriani, Y., Ulfah, & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar (JAA), 1(1), 1–10. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/90.
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475.
Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155.
Tusyadi, N. A., Erwin, & Pranata, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa IPA. Jurnal Educatio, 7(4), 1659–1664. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1500.
Wibawa, I. M. C., Susanta, I. W., Parmithi, N. N., & Eka, I. W. (2023). Improving the Scientific Attitude of Elementary School Students Through Problem-Based Learning. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 18–23. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.61884.
Wulandari, S. (2023). Efektifitas Penggunaan Keterampilan Bertanya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih di MTs Swasta ALBANA Pulau Banyak. JMI : Jurnal Millia Islamia, 01(2), 150–162. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JMI/article/view/380.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Komang Ayu Wulan Maharani, Putu Nanci Riastini, Nice Maylani Asril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)