PENGEMBANGAN MODUL PROTOTIPE MCB ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11098Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran untuk siswa kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Singaraja yang teruji kelayakannya dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan mengadopsi dan memodifikasi langkah pengembangan dari model pengembangan Sugiyono. Modul pembelajaran yang dikembangkan di validasi oleh ahli materi dan media serta guru bidang studi. Perhitungan instrumen untuk para ahli dan uji coba siswa menggunakan skala Likert. Sampel penelitian dalam uji coba lapangan terbatas adalah 28 orang siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Singaraja. Hasil penilaian modul pembelajaran dari ahli materi memperoleh persentase tingkat kelayakan 89,33% dengan kualifikasi baik, ahli media memperoleh persentase tingkat kelayakan 96,66% dengan kualifikasi sangat baik, serta guru bidang studi memperoleh persentase tingkat kelayakan 91,33% dengan kualifikasi sangat baik. Tahap uji coba produk memperoleh hasil tingkat pencapaian kelayakan pada uji coba kelompok kecil sebesar 90,24%, dan uji coba lapangan sebesar 90,64%. Kedua persentase tersebut termasuk kualifikasi sangat baik. Sehingga modul pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.Downloads
Published
2017-07-31
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)