HUBUNGAN CAPAIAN PEMBELAJARAN TEORI SIMULASI DIGITAL TERHADAP KINERJA SISWA DALAM PRAKTIKUM SIMULASI DIGITAL PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO KELAS X DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11109Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara capaian pembelajaran teori simulasi digital dengan kinerja siswa dalam praktikum simulasi digital program keahlian Teknik Audio Video kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja, (2) tinggi tingkat capaian pembelajaran teori simulasi digital program keahlian Teknik Audio Video kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja, dan (3) tinggi kinerja siswa saat praktikum simulasi digital program keahlian Teknik Audio Video kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMK Negeri 3 Singaraja program keahlian Teknik Audio Video kelas X tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas X Teknik Audio Video1 dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Variabel yang diteliti adalah dua variabel, satu variabel bebas, yaitu capaian pembelajaran dan satu variabel terikat, yaitu kinerja siswa. Data capaian pembelajaran diperoleh melalui penyebaran tes, sedangkan kinerja siswa di peroleh dari lembar pengamatan, serta untuk mendapatkan penjelasan mengenai hubungan yang diberikan antar variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan analisa teknik uji spearman rank dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi, yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara capaian pembelajaran teori simulasi digital terhadap kinerja siswa dalam praktikum simulasi digital program keahlian Teknik Audio Video kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja, dengan koefisien korelasi R sebesar 0,565>0,05 dan nilai probabilitas sebesar 0,001<0,05 dengan tingkat korelasi cukup kuat. Pada pencapaian pembelajaran teori simulasi digital dalam pokok bahasan presentasi video diperoleh rata-rata kelas sebesar 82% dengan kategori baik, dan tingkat kinerja siswa saat praktikum diperoleh rata-rata kelas sebesar 89% dengan kategori baik.Downloads
Published
2017-07-31
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)