PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DAYA: SUATU KAJIAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.13707Abstract
Mata kuliah elektronika daya terdapat dalam kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan di Indonesia, khususnya pada fakultas teknik elektro dan elektronika. Materi ajar yang terkandung didalamnya banyak digunakan sebagai bekal memasuki dunia usaha dan industri. Pesatnya perkembangan teknologi elektro dan elektronika menjadi tantangan tersendiri dalam mengajarkan mata kuliah ini. Disisi lain bahwa pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Tujuan penulisan artikel untuk mengungkapkan berbagai macam masalah dan solusi terkait mata kuliah tersebut. Metode analisis deskriptif dilakukan dengan studi literatur yang diterbitkan mulai dari tahun 2011 sampai 2017. Kerangka konseptual strategi pengajaran elaborasi antara metode yang berpusat pada pendidik dengan metode yang berpusat pada mahasiswa memanfaatkan perangkat lunak sebagai suatu layanan (Software as a Service/SaaS), coba untuk ditawarkansebagai alternatif lain, sehingga diharapkan dapat dikembangkan menjadi suatu model pembelajaran.Downloads
Published
2018-08-11
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)