Faktor Penghambat Relevansi Penempatan PKL Ditinjau dari Pihak Sekolah dan DU/DI Beserta Cara Mengatasinya di SMK se-Jombang

Authors

  • Rizka Rahmi Saputri Universitas Negeri Malang
  • Setiadi Cahyono Putro Universitas Negeri Malang
  • Yuni Rahmawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.13960

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat relevansi penempatan PKL di SMK se-Jombang, mengidentifikasi faktor penghambat relevansi penempatan PKL ditinjau dari pihak sekolah dan DU/DI di SMK se-Jombang, dan mengetahui cara mengatasi faktor penghambat relevansi penempatan PKL ditinjau dari pihak sekolah dan DU/DI di SMK se-Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskripstif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan angket. Hasil penelitian memaparkan bahwa tingkat relevansi penempatan PKL di SMK se-Jombang Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan serta Multimedia sebesar 55,39% dalam kategori rendah. Faktor penghambat relevansi penempatan PKL ditinjau dari pihak sekolah yaitu (a) tahap perencanaan sebesar 22,78% dalam kategori rendah; (b) tahap pelaksanaan sebesar 42,76 dalam kategori cukup; dan (c) tahap evaluasi sebesar 23,82% dalam kategori rendah. Faktor penghambat relevansi penempatan PKL ditinjau dari DU/DI yaitu (a) tahap perencanaan sebesar 30,24% dalam kategori rendah; (b) tahap pelaksanaan sebesar 35,86 dalam kategori rendah; dan (c) tahap evaluasi sebesar 50,60% dalam kategori cukup.

Author Biographies

Rizka Rahmi Saputri, Universitas Negeri Malang

Mahasiswi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Setiadi Cahyono Putro, Universitas Negeri Malang

Dosen Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Yuni Rahmawati, Universitas Negeri Malang

Dosen Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Downloads

Published

2018-08-11