PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN VALIDITAS BUTIR INSTRUMEN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14197Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji validitas butir instrumen kecerdasan logis-matematis. Instrumen kecerdasan logis-matematis yang dikembangkan mengadopsi teori dari Howard Gardner dan indikator-indikator yang dibuat oleh Paul Suparno. Butir-butir instrumen diturunkan dari delapan indikator yang ada pada variabel kecerdasan logis-matematis. Ujicoba instrumen dilakukan di Jurusan Manajemen Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Subjek ujicoba adalah mahasiswa semester 3 yang sudah mengambil matakuliah pemrograman komputer dan berjumlah 60 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah: 1) validasi konsep dari 2 orang pakar pada bidang informatika, dan 2) validasi empirik dilakukan pada sampel yang digunakan sebagai ujicoba instrumen. Validitas butir instrumen dihitung dengan menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk reliabilitas dihitung dengan Alpha-Cronbach. Berdasarkan hasil uji validitas butir, diperoleh butir-butir yang valid sebanyak 37 butir dan tidak valid sebanyak 3 butir. Koefisien reliabilitas diperoleh sebesar r11 = 0,86. Dengan demikian, koefisien reliabilitas instrumen kecerdasan logis-matematis lebih besar dari 0,7, sehingga dapat digunakan lebih lanjut.Downloads
Published
2018-08-11
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)