PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN VALIDITAS BUTIR INSTRUMEN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS

Authors

  • Komang Setemen Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14197

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji validitas butir instrumen kecerdasan logis-matematis. Instrumen kecerdasan logis-matematis yang dikembangkan mengadopsi teori dari Howard Gardner dan indikator-indikator yang dibuat oleh Paul Suparno. Butir-butir instrumen diturunkan dari delapan indikator yang ada pada variabel kecerdasan logis-matematis. Ujicoba instrumen dilakukan di Jurusan Manajemen Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Subjek ujicoba adalah mahasiswa semester 3 yang sudah mengambil matakuliah pemrograman komputer dan berjumlah 60 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah: 1) validasi konsep dari 2 orang pakar pada bidang informatika, dan 2) validasi empirik dilakukan pada sampel yang digunakan sebagai ujicoba instrumen. Validitas butir instrumen dihitung dengan menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk reliabilitas dihitung dengan Alpha-Cronbach. Berdasarkan hasil uji validitas butir, diperoleh butir-butir yang valid sebanyak 37 butir dan tidak valid sebanyak 3 butir. Koefisien reliabilitas diperoleh sebesar r11 = 0,86. Dengan demikian, koefisien reliabilitas instrumen kecerdasan logis-matematis lebih besar dari 0,7, sehingga dapat digunakan lebih lanjut.

Downloads

Published

2018-08-11