USABILITY TESTING PADA SISTEM TRACER STUDY UNDIKSHA MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i1.18171Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat usability sistem tracer study Undiksha yang diukur menggunakan metode Heuristic Evaluation dengan menggunakan 10 variabel usability untuk menentukan rancangan layout sistem yang memenuhi kriteria usability. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 20 responden alumni Undiksha. Teknik penentuan sampel menggunakan proportionate starafied random sampling sebagai teknik pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan tingkat usability sistem tracer study Undiksha sebesar 60% yang termasuk dalam kategori tinggi. Dari hasil analisis kuisioner yang didapat hasil bahwa layout sistem tracer study Undiksha sudah mampu memenuhi kriteria usability sebuah sistem informasi. Sehingga dalam penelitian ini rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil kuisioner yang memiliki persentase rendah dan berpedoman pada panduan HCI perbaikan layout. Perbaikan lebih difokuskan pada kejelasan informasi yang disajikan masih sedikit dan kurang update, adanya bantuan yang muncul tepat waktu saat terjadi error, penyajian submenu dan ikon-ikon yang konsisten, adanya keterangan pada link, dokumentasi yang lengkap, dan adanya menu bantuan untuk mempermudah pengguna dalam mencari solusi jika terdapat kesalahan saat mengakses sistem.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)