UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA TEKNIK DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY

Authors

  • Erwin Komara Mindarta Universitas Negeri Malang
  • Eddy Sutadji Universitas Negeri Malang
  • Windra Irdianto Universitas Negeri Malang
  • Emdi Ramadhana Putra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.26093

Abstract

Fisika teknik mengarahkan mahasiswa memahami konsep dasar fisika teknik, gerak dan energi, tumbukan dan listrik di bidang otomotif. Salah satu pokok bahasannya adalah menghitung impuls dan momentum pada kendaraan yang mana melibatkan operasi matematika, yang dapat menimbulkan rasa cemas pada diri pebelajar. Sehingga dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang dapat menurunkan kecemasan matematis, yaitu problem posing. Penerapan problem posing bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Sebelum diterapkan, dilakukan lesson study (plan-do-see). Sampel berjumlah 32 mahasiswa, dengan teknik pengumpulan data observasi & pre-test & post-test. Data dianalisis deskriptif dan tes “t”. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar dibuktikan skor post-test = 89,75 lebih tingi dari skor pre-test = 78,5.

Downloads

Published

2021-02-03