KUALITAS PENGELOLAAN RUANG PRAKTIK BUSANA SMK DI PROVINSI BALI UNTUK MENINGKATKAN PELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v9i2.2868Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kualitas perencanaan ruang praktik busana SMK di Provinsi Bali untuk meningkatkan pelajaran program produktif, (2) kualitas pengorganisasian ruang praktik busana SMK di Provinsi Bali untuk meningkatkan pelajaran program produktif , (3) kualitas pengawasan ruang praktik busana SMK di Provinsi Bali untuk meningkatkan pelajaran program produktif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan obyek semua SMK yang memiliki program Keahlian Tata Busana di Provinsi Bali yang berjumlah 6 SMK. Instrumen penelitian yang digunakan berupa dokumentasi dan lembar observasi. Data penelitian yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar kualitas yang ditetapkan oleh Permendiknas no 40 tahun 2008 dan dianalisis statistik deskriptif untuk menentukan kategori kualitas yaitu, sangat kurang baik, kurang baik, cukup baik, baik, dan sangat baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas perencanaan ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Bali adalah sangat baik. (2) Kualitas pengorganisasian ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Bali adalah sangat baik. (3) Kualitas pengawasan ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Bali adalah sangat baik.
Kata-kata Kunci: Pengelolaan, Ruang Praktik Busana, Provinsi Bali
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)