PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI BAHASA1 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2009/2010
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v9i2.2871Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran TIK melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan subjek sebanyak 43 orang siswa kelas XI Bahasa1 SMA Negeri 3 Singaraja pada tahun ajaran 2009/2010. Objek penelitian ini adalah (1) aktivitas belajar siswa dan (2) hasil belajar siswa terhadap pelajaran TIK. Penelitan ini berlangsung ke dalam dua siklus pembelajaran dengan tahap-tahap tiap siklus adalah (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/ evaluasi, dan (4) refleksi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data mengenai (1) aktivitas belajar siswa dan (2) hasil belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan observasi. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu dari 3,8 dengan kategori cukup aktif pada siklus I menjadi 6,0 dengan kategori aktif pada siklus II, (2) implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I rata-rata () hasil belajar siswa diperoleh sebesar 77,0 dengan kategori tuntas meningkat pada siklus II menjadi 82,7 dengan kategori tuntas, daya serap (DS) siswa pada siklus I diperoleh sebesar 77,0% dengan kategori tuntas meningkat menjadi 82,7% dengan kategori tuntas pada siklus II, dan ketuntasan klasikal (KK) pada siklus I diperoleh sebesar 68,3% dengan kategori tidak tuntas kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90,0% dengan kategori tuntas.
Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif STAD, aktivitas belajar, hasil belajar TIK
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)