PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MATERI MICROSOFT ACCESS DI KELAS XI SMA NEGERI 3 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v9i2.2872Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) merancang dan mengimplementasikan pengembangan LKS untuk materi Microsoft Access di SMA Negeri 3 Singaraja; (2) mengetahui respon siswa kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja terhadap pengembangan LKS untuk materi Microsoft Access.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2009/2010. Data tentang sumber belajar siswa diperoleh dengan menggunakan wawancara dan angket. Data tentang karakteristik siswa, kevalidan LKS serta respon siswa diperoleh dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif.
Hasil analisis data respon siswa menunjukkan bahwa persentase siswa yang memberikan respon sangat positif sebesar 77,5%, persentase siswa yang memberikan respon positif sebesar 22,5% dan tidak ada siswa yang memberikan respon ragu-ragu, negatif maupun sangat negatif. Skor rata-rata respon siswa yang diperoleh adalah sebesar 82,05. Skor tersebut menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pengembangan LKS untuk materi Microsoft Access berada pada kategori sangat positif.
Kata-kata kunci: pengembangan, LKS, Microsoft Access
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)