VIRTUAL REALITY FOR SUPPORTING AUTHENTIC LEARNING IN 21ST CENTURY LANGUAGE CLASSROOM

Authors

  • Luh Putu Restu Adi Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Arie Suwastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Rasben Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Christina Turut Suprihatin Literature Department, Faculty of Humanities, Universitas Indonesia
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.32376

Keywords:

pembelajaran otentik, pembelajaran bahasa Inggris, realitas virtual, teknologi

Abstract

Pembelajaran otentik adalah konsep untuk mendekatkan dunia nyata atau pengalaman nyata kepada siswa di dalam kelas. Penggunaan pembelajaran otentik yang menghadirkan realitas di dalam kelas lebih kontekstual dengan aktivitas siswa sehari-hari. Virtual Reality (VR) menawarkan simulasi multimedia 3D kehidupan nyata interaktif, mempromosikan interaktivitas dengan dunia ciptaan, dan memungkinkan sensasi sensorik. Artikel ini mensintesis artikel penelitian sebelumnya dari jurnal terindeks SCOPUS tentang penggunaan realitas virtual untuk mendukung pembelajaran otentik di ruang kelas bahasa abad ke-21. Pendekatan yang digunakan dalam tinjauan pustaka ini adalah pendekatan yang disederhanakan oleh Aveyard (2010). Hasil tinjauan pustaka ini menemukan bahwa penggunaan virtual reality memberikan beberapa manfaat dalam pembelajaran otentik di kelas bahasa abad 21. Selain itu, penggunaan Virtual Reality di kelas bahasa abad ke-21 juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kajian ini mengimplikasikan bahwa implementasi Realitas Virtual di bawah kerangka teoritis dan teknik yang ada akan mempertahankan premis bahwa hasil pembelajaran dibantu oleh pengoperasian lingkungan virtual di bawah kerangka teoritis yang ditetapkan.

Downloads

Published

2021-01-30