KLASIFIKASI TEKNOLOGI DALAM JARINGAN UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN DI ERA MERDEKA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i2.34166Keywords:
identifikasi, teknologi, pembelajaran, dalam jaringanAbstract
Teknologi pada pendidikan saat ini memiliki peranan yang sangat penting, namun kenyataannya tidak semua guru mampu mengaplikasikan atau menggunakan teknologi dalam pembelajaran, karena sulitnya pengoperasian dari teknologi dan bingung dalam memilih jenis teknologi yang sesuai dengan kondisi kelas. Dengan demikian, pada penelitian ini akan dikaji beberapa jenis teknologi informasi dalam jaringan yang sering dan mudah digunakan dalam pembelajaran saat ini. Metode penelitian dan penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kepustakaan atau kajian literatur. Sumber data diperoleh dari artikel-artikel dari portal berita online yang terbit di tahun 2020, buku, dan artikel ilmiah, yang berkaitan dengan teknologi pembelajaran dalam jaringan dan dipublikasikan selama 5 tahun terakhir. Berdasarkan karakteristiknya, hasil identifikasi teknologi informasi berbasis jaringan terdiri dari teknologi pemberian materi, teknologi evaluasi, dan platform khusus. Melalui hasil pengelompokan teknologi pembelajaran ini, guru dapat memahami dan memilih teknologi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan materi ajar.Downloads
Published
2021-07-30
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)