SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMANFAATAN VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v19i2.48027Abstract
Virtual Reality (VR) sudah bukan hal yang asing lagi untuk era digital saat ini. Teknologi ini telah berkembang sangat cepat dan merambat ke dalam banyak aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Pada artikel ini, peneliti melakukan review terhadap penelitian saat ini dan sebelumnya, untuk memahami sejauh mana pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) sebagai alternatif media pembelajaran pada institusi pendidikan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pendefinisian research questions sebagai langkah pertamanya. Proses pencarian dilakukan dengan menggunakan basis data Scopus menggunakan tools Publish or Perish 8, dan pemilihan artikel didasarkan pada kriteria inklusi dan eksklusi yang terkait dengan research questions tersebut. Terdapat 200 artikel yang ditemukan pada tahap awal pencarian dengan total 22 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil yang didapat berupa pembahasan beberapa aspek yang terkait dengan pemanfaatan virtual reality sebagai media pembelajaran, seperti: jenis teknologi yang digunakan, lokasi institusi pendidikan yang menggunakan VR, domain pembelajaran, jenjang pendidikan, teknik evaluasi pembelajaran dengan VR, dan tujuan/ manfaat penggunaannya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)