PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI UNTUK DOSEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v12i1.4898Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan system berbasis internet dalam bentuk prototipesistem evaluasi kualitas pembelajaran berbasis web, adalah system informasi yang dikembangkan dengan mengimplementasikan Script Pemrograman PHP dengan basis data MySql 2) menyediakan aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah dalammelakukan penilaian terhadap dosen dari segi kinerja mengajar. Sistem yang akan dikembangkan memiliki enam actor yaitu: mahasiswa, dosen, administrator, dekan, ketuajurusan dan rektor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada software life cycle dengan paradigm waterfall yang meliputi 6 tahapan yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) tahapan alisis, 3) tahap perancangan, 4) tahap pengembangan, 5) tahap pengujian, dan 6) tahap penerapan. Pengembangan sistemmeng hasilkan sebuah system berbasis web untuk memberikan evaluasi secara online oleh mahasiswa terhadap dosen terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan. Uji coba dilakukan oleh ahli desain dan media dengan hasil prosenta sesebesar 80,88%, serta kelompok kecil mahasiswa dengan prosentase penilaian sebesar 83,93%. Melalui system ini dilakukan evaluasi secara online terhadap proses pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.Downloads
Published
2015-01-31
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)