MODEL PENDIDIKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN MELALUI UNIT PRODUKSI DAN JASA DI SMKN 2 PENGASIH

Authors

  • Nuryadin Eko Raharjo

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i1.6850

Abstract

The objectives of this study were to determine the entrepreneurial character education model through unitof productionandservicesof Engineering Construction Wood in SMKN 2 Pengasih. Research conducted using the phenomenological qualitative approach in SMKN 2 Pengasih concluded as follows. (1) The strategy used in character education in entrepreneurship through UPJ TKKY SMKN Pengasih includes: examples, learning, empowerment, habituation, strengthening, and assessment. (2) The character of entrepreneurship developed by UPJ TKKY consist of: (a) mindset includes: creative, innovative, and realistic, (b) heartset include: risk-taking, honesty, responsibility, curiosity, unyielding, independent, and strong motivation for success, (c) actionset include: hard work, action-oriented, communicative, teamwork, and discipline. (3) Model of entrepreneurial character education through UPJ TKKY in SMKN 2 Pengasih conducted through curricular activities and through the production process UPJ. Keywords: model of entrepreneurialcharacter education, SMK,UPJ. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan karakter kewirausahaan yang dilakukan melalui UPJ Teknik Konstruksi Kayu (TKKY) di SMKN 2 Pengasih.Penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologisbertempat di SMKN 2 Pengasih ini menyimpulkan sebagai berikut. (1) Strategi yang digunakan dalam pendidikan karakter kewirausahaan melalui UPJ TKKY di SMKN 2 Pengasih meliputi: keteladanan, pembelajaran, pemberdayaan, pembiasaan, penguatan, dan penilaian. (2) Karakter kewirausahaan yang dikembangkan melalui UPJ TKKY terbagi menjadi: (a) ranah pola pikir (mindset)meliputi: kreatif, inovatif, dan realistis, (b) ranah pola rasa (heartset)meliputi: berani mengambil risiko, jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, pantang menyerah, mandiri, dan motivasi kuat untuk sukses, (c) ranah pola tindakan (actionset)meliputi: kerja keras, berorientasi pada tindakan, komunikatif, kerja sama, dan disiplin. (3) Model pendidikan karakter kewirausahaan melalui UPJ TKKY di SMKN 2 Pengasih dilakukan melalui kegiatan kurikuler dan melalui kegiatan proses produksi UPJ. Kata kunci: model pendidikan karakter kewirausahaan, SMK, UPJ.

Downloads