SISTEM ADMINISTRASI AKADEMIK JURUSAN D3 AKUNTANSI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Authors

  • Lucy Sri Musmini
  • Ni Ketut Kertiasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8530

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dapat mempermudah dan mempercepat kegiatan yang dilakukan oleh sistem administrasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem administrasi akademik berbasis teknologi informasi Jurusan D3 Akuntansi Undiksha.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengembangan, dalam hal ini studi kasus pengembangan sebuah sistem administrasi akademik berbasis teknologi pada Jurusan D3 Akuntansi.

Hasil penelitian ini adalah analisis sistem, yang terdiri dari analisis kelemahan dan kebutuhan sistem, dan desain sistem, yang terdiri dari desain konteks, flowchart, dan desain sistem riil. Sistem yang dikembangkan terkait dengan kegiatan akademik mahasiswa, dosen, dan jurusan. Akses input sistem dapat dilakukan oleh mahasiswa, dosen, dan administrasi, sedangkan akses output sistem dapat dilakukan oleh dosen dan administrasi. Administrasi jurusan dalam penelitian ini adalah sekretaris jurusan. Informasi yang diperoleh dari sistem adalah kegiatan akademik mahasiswa, dosen, dan jurusan pada Jurusan D3 Akuntansi. Implikasi penelitian ini adalah sistem adminstrasi akademik jurusan yang semakin efektif dan efisien.

 

Kata kunci: Sistem, Administrasi Akademik, dan Teknologi Informasi

 

Abstract

The purpose of this research is to develop academic administration system based on technology information for D3 Accounting Department, Undiksha.

The method used in this research is the development method with case study to develop academic administration system based on technology information at the Department of Accounting D3.

The results are the analysis of the system, which consists of the analysis of the weaknesses and needs of the system, and the design of the system, which consists of the design context, flowchart, and the design of the real system. The system developed and obtained information related to academic activities of students, lecturer, and department. Access to system input can be done by students, lecturer, and administration, while access to the system output can be done by the lecturer and administration. Administration majoring in this research is the department secretary. Implication of this research is the major system of academic administration more effective and efficient.

 

Keywords : Systems, Academic Administration, and Information Technology



Downloads