KONSERVASI MANTRAM SESONTENGAN DALAM APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA EDUKASI ETIKA RITUAL

Authors

  • I Kadek Noppi Adi Jaya Universitas Hindu Indonesia
  • Komang Agus Triadi Kiswara Universitas Hindu Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v22i1.85371

Keywords:

Konservasi, Mantram, Hindu, Android, Edukasi

Abstract

Aplikasi Android Mantram Sesontengan dikembangkan untuk membantu generasi muda Hindu di Bali memahami dan melafalkan mantram dalam bahasa Sanskerta. Generasi muda mengalami kesulitan dalam pengucapan mantram yang menggunakan bahasa Sanskerta dan penurunan penguasaan bahasa lokal. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan aplikasi yang menyediakan akses mudah dan interaktif terhadap konservasi mantram sesontengan dan ritual keagamaan dalam suatu aplikasi berbasis Android. Model penelitian yang digunakan adalah alur penelitian yang terintegerasi dengan Successive Approximation Model, yang mencakup tahap preparation phase, iterative design phase, dan iterative development phase. Hasil pengujian dengan black box testing menunjukkan aplikasi berfungsi baik di berbagai perangkat Android. Tingkat keberhasilan pengujian mencapai 100%. Pengujian mencakup tampilan beranda, sidebar, pilihan mantram, dan detail mantram. Semua skenario pengujian berhasil, termasuk fungsi menampilkan halaman, menyimpan mantram secara offline, dan memutar audio. Aplikasi ini berpotensi dalam pelestarian budaya Hindu di Bali. Aplikasi ini meningkatkan keterlibatan generasi muda dalam praktik keagamaan. Penelitian ini menegaskan pentingnya teknologi dalam mendukung pendidikan agama dan pelestarian budaya.

References

BPS Bali, “Hasil Sensus Penduduk 2020 Provinsi Bali,” Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, 21-Jan-2021. [Online]. Available: https://bali.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/717592/hasil-sensus-penduduk-2020-provinsi-bali.html. [Accessed: 12-Apr-2023].

N. L. K. Sukarniti, “Pewarisan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Memproteksi Masyarakat Bali Dari Dampak Kemajuan Teknologi,” Jurnal Ilmiah Cakrawarti, vol. 3, no. 1, pp. 39–50, 2020.

N. Rustandi, “Agama dan Perubahan Sosial Ekonomi,” tsaqofah, vol. 18, no. 02, p. 185, Dec. 2020.

R. M. Saputri, A. Rinenggo, and S. Suharno, “Eksistensi Tradisi Nyadran Sebagai Penguatan Identitas Nasional di Tengah Modernisasi,” CESSJ, vol. 3, no. 2, p. 99, Dec. 2021.

I. B. S. Putra, “Hukum Dan Dharma Dalam Parāśara Dharmaśāstra Kajian Filsafat Hukum Hindu Metode Interpretasi Veda Śri Aurobindo,” Jurnal Vidya Darsan, vol. 3, no. 2, pp. 96–106, 2022.

I. N. S. Ardiyasa, “Sesapa : Bahasa Mantra Dalam Ritual Lokal Di Desa Bali Aga Buleleng Bali,” Purwadipa : Jurnal Agama dan Budaya, vol. 5, no. 2, pp. 1–12, 2021.

I. A. P. Pradnyani, “Aplikasi Kalender Bali Berbasis Mobile Application pada Android Platform,” Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 106–117, 2014.

G. S. Mahendra and I. K. A. Asmarajaya, “Konservasi Kidung Sekar Madya dalam Aplikasi Berbasis Android Menggunakan Successive Approximation Model,” JUSTIN, vol. 10, no. 4, pp. 542–549, Oct. 2022.

kadek Ardiago, M. Yusman, and W. Rumite, “Aplikasi Pembelajaran Yoga Hindu Berbasis Android,” komputasi, vol. 7, no. 1, pp. 62–79, Apr. 2019.

N. P. E. Merliana, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android Sebagai Media dalam Pembelajaran Hindu,” Jurnal Studi Agama Satya Widya, vol. 1, no. 1, pp. 37–53, 2018.

A. A. I. P. Uthami, I. K. R. Arthana, and I. G. P. S. Sindu, “Pengembangan Game Cerita Rakyat Bali I Bintang Lara Berbasis Android,” KARMAPATI, vol. 7, no. 2, pp. 113–126, Jul. 2018.

I. Wahyudi, S. Bahri, and P. Handayani, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia,” vol. V, no. 1, pp. 135–138, 2019.

I. W. R. M. Kusuma, “Aplikasi Dana Punia Online (E-Punia) Untuk Penggalangan Dana Punia Pura Di Bali,” STIKOM Bali, Denpasar, 2019.

D. M. Yoniartini, Konsep Tri Hita Karana Pada Anak Usia Dini. Malang: Literasi Nusantara, 2020.

N. L. P. Ardani, K. T. Dermawan, I. K. R. Arthana, and I. M. Putrama, “The development of ‘I Sangging Lobangkara’ balinese folklore as an android based game,” J. Phys.: Conf. Ser., vol. 1516, pp. 1–9, Apr. 2020.

I. N. A. S. Putra and I. P. G. A. Putra, “Perancangan Media Interaktif Pengenalan Gamelan Selonding Berbasis Android,” Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, vol. 4, no. 1, pp. 1–17, 2021.

G. W. Astawa, “Aplikasi Android Lukisan Wayang Kamasan Menggunakan QR Code Sebagai Media Promosi Interaktif (Studi Kasus: Startup Way’k),” Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas, vol. 3, no. 2, pp. 115–125, Dec. 2018.

I. M. M. Yusa, I. D. G. A. Pandawana, I. N. A. S. Putra, and T. Herawan, “Manik angkeran storytelling based on android mobile tap gameplay,” J. Phys.: Conf. Ser., vol. 1810, no. 1, p. 012034, Mar. 2021.

I. K. H. Saptiawan, I. G. Suardika, and I. M. Rudita, “Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android,” Jurnal Fasilkom, vol. 11, no. 1, p. 6, 2021.

I. G. A. P. Putra, I. G. M. Darmawiguna, and I. M. G. Sunarya, “Pengembangan Aplikasi Game Jegeg Bagus Bali untuk Memperkenalkan Tahapan Upacara Manusa Yadnya Berbasis Android,” KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), vol. 4, no. 2, pp. 111–119, Mar. 2015.

K. Darmaastawan, K. Oka Saputra, and N. M. Ary Esta Dewi Wirastuti, “Optimasi Peran Desa Adat di Bali melalui Teknologi Informasi,” JTE, vol. 20, no. 1, p. 161, Apr. 2021.

Downloads

Published

2025-01-30