PENGEMBANGAN FILM PEMBELAJARAN PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI 2 GESING
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i1.9879Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan film pembelajaran perubahan lingkungan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 2 Gesing; (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan film pembelajaran perubahan lingkungan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 2 Gesing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 2 Gesing tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa film pembelajaran perubahan lingkungan dalam kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis uji ahli isi, uji ahli media, dan uji lapangan. Dari segi isi/materi pelajaran yang terkandung dalam film sudah sangat baik, dari segi desain media atau tampilan film sudah sangat baik, dan rata-rata respon siswa menyatakan film perubahan lingkungan masuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan analisis dari 20 siswa diketahui 13 siswa menyatakan film perubahan lingkungan masuk dalam kriteria sangat baik dan 7 siswa menyatakan baik. Simpulan yang didapat yaitu sudah berhasil mengembangkan film pembelajaran perubahan lingkungan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 2 Gesing dan sudah berhasil mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan film pembelajaran perubahan lingkungan.
Kata kunci: Pengembangan film pembelajaran, perubahan lingkungan, ilmu pengetahuan alam, ADDIE
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)