MULTIVARIATE ANALYSIS ON THE RELATIONSHIP BETWEEN EMOTIONAL INTELLIGENCE, INTELECTUAL INTELLIGENCE, AND LEARNING OUTCOMES IN PSYCHOLOGY EDUCATION

Authors

  • Tedy Sutandy Komarudin STAI Siliwangi Garut
  • Nilna Azizatus Shofiyyah
  • Miftahul Ulum
  • Muhamad Ridwan

Keywords:

Academic Intelligence; Intelligence Relationships; Emotional Academic

Abstract

Penelitian ini menjalani analisis multivariat untuk menyelidiki hubungan antara kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan hasil belajar di konteks pendidikan psikologi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang melibatkan tinjauan terhadap penelitian-penelitian terkait, teori-teori yang mendukung, dan studi kasus yang mengilustrasikan konsep-konsep yang dibahas. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, dengan komponen-komponen seperti pengenalan emosi, pengelolaan emosi, empati, dan keterampilan sosial, berperan penting dalam meningkatkan interaksi sosial dan kemampuan siswa untuk mengatasi tantangan emosional selama studi. Sementara itu, kecerdasan intelektual, yang mencakup kemampuan berpikir analitis, kritis, dan memecahkan masalah, memiliki dampak positif dalam pemahaman materi pelajaran dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas akademik dengan efektif. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya faktor-faktor lain seperti motivasi, dukungan sosial, dan gaya belajar yang dapat memediasi atau memoderasi hubungan antara kedua jenis kecerdasan ini dengan hasil belajar. Implikasi penemuan ini dalam pengembangan kurikulum dan metode pengajaran di bidang psikologi disajikan, dengan penekanan pada pendekatan holistik untuk memaksimalkan potensi siswa dalam mencapai hasil belajar yang optimal.

References

Bagas Ilham Yudhiyantoro, M. J. (2022). Kecerdasan emosional dalam perspektif al-Qur’an. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–15. Retrieved from https://ejournal.iaihnw-lotim.ac.id/an-nahdlah/index.php/an-nahdlah/article/view/31

Batubara, N. K., & Reflina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Program Linier Berdasarkan Tingkat Intelligence Quotient. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 11(2), 180–192.

Conita Ananto, M., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan Instrumen Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 87–98.

Damayanti Nababan, Sandriyanti Sihotang, L. R. P. (2023). Implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan minat belajar pak di dalam kelas. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 801–809. Retrieved from https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Deliati, D., Tussa’diah, H., & Elfrianto, E. (2022). Kecerdasan Emosional Mahasiswa Anggota Organisasi Tingkat Fakultas Program Studi Bimbingan Konseling. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(1), 157–165.

Dewi, S. R., & Yusri, F. (2023). Kecerdasan Emosi Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 65–71.

Diswantika, N., & Yustiana, Y. R. (2022). Model Bimbingan Dan Konseling Bermain Cognitive-Behavior Play Therapy Untuk Mengembangkan Empati Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 40.

Erly Oviane Malelak, Benediktus Labre, A. A. H. (2022). Measurement of intelligence quotients (IQ) to increase adolescent self-understanding in Kobebesa Village Erly. ABDIMAS GALUH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 473–482.

Fitri, S. W., & Wati, S. (2023). Peranan Pendidikan Spiritual / Spitiyual Quotient (SQ) Dalam Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal On Education, 3(2), 1124–1131.

Hafsah Adha Diana, & Veni Saputri. (2021). Model Project Based Learning Terintegrasi Steam Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Soal Numerasi. Numeracy, 8(2), 113–127.

Hartati, S. (2022). Upaya guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional (EQ) peserta didik kelas VIII B (studi kasus di Mts Hidayatul Mubtadiin Kabupaten Lampung Selatan). Journal of Islamic Education and Learning, 2(1), 86. Retrieved from http://ejournal.stisdulamtim.ac.id/index.php/JIEL/article/view/51%0Ahttps://ejournal.stisdulamtim.ac.id/index.php/JIEL/article/download/51/46

Hendra, Sumarlin, R. J. (2023). Pengaruh pemahaman kode etik profesi akuntan, kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dengan akhlakul karimah sebagai variabel moderasi. ISAFIR : Islamic Accounting and Finance Review, 4(1), 107–134.

Izzulhaq, B. D. (2023). Hubungan grit dengan prestasi akademik mahasiswa pendidikan kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Aleph. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved from https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees

John W. Creswell. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design, Qualitative Inquiry and Research Design.

Lidiawati, K. R., Sinaga, N., & Rebecca, I. (2020). Peranan Self-efficacy dan Intelegensi terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 110–120.

Manurung, A. S., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120–132.

Muhammad David, Dedy Kurniadi, Zainal Arifin, Dita Romadhoni, M. S. S. (2023). Dampak Program Pendidikan Damai terhadap Tingkat Stres dan Kesejahteraan Psikologis Taruna/I di Politeknik Pelayaran Malahayati. Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic, 9(2), 6–11.

Muhammad Ulfan, Mustaqim Hasan, S. (2023). Pendidikan karakter melalui pendidikan agama islam di era revolusi digital. Unisan jurnal: jurnal manajemen dan pendidikan, 2(7), 286–297.

Nilna Azizatus Shofiyyah, Tedy Sutandy Komarudin, D. R. J. (2023). The Meaningful Role of Affection in Education : The Emotional Perspective in Pedagogy. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9420–9434.

Priyana, Y. (2023). Hubungan antara Perilaku Overprotective Orang Tua dan Penyesuaian Diri Remaja: Tinjauan Faktor-faktor Mediasi dan Moderasi. Jurnal Psikologi dan Konseling West Science, 1(03), 145–152.

Purnamawati, F. (2023). Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual di MTs Al Anwar Desa Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Rahmatia, S. R. D. (2023). Peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 8(2), 1–8.

Riris Amelia, Ahmad Irkham Saputro, E. P. (2022). Internalisasi Kecerdasan Iq, Eq, Sq Dan Multiple Intelligences Dalam Konsep Pendidikan Islam (Studi Pendekatan Psikologis). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 34–43. Retrieved from https://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/jmpi/article/view/232%0Ahttps://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/jmpi/article/download/232/166

Rohaniah, Y. (2021). Model Adaptive Leadership dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 ( Studi pada Kepemimpinan Camat Cisauk Kabupaten Tangerang ). Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora, 03(02), 114–124.

Rohmah, N. (2018). Integrasi Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosi (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Dalam Meningkatkan Etos Kerja. Tarbiyatuna, 3(2), 77–102.

Sa’adah, L., Masruroh, A., & Soedirman, M. (2023). Metode Pembelajaran Online Sebagai Variabel Moderasi Pada Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan emosional dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, 7(1), 81–93.

Sarie, F., Syaripuddin, S., & Kamaruddin, I. (2023). Pendidikan Islam Mengajarkan Pelajar Cerdas Emosional Di Era Digital. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 2211–2224.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75.

Silalahi, A. B., Sitompul, E., & Naibaho, D. (2023). Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme. Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 11370–11386. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Siti Anisah, A., Katmajaya, S., & Zakiyyah, W. L. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 434.

Sitiman, H. La. (2021). Hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal: Kamboti of Journal Education Research and Development (KJERD), 1(1), 1–13.

Surahman, M. (2023). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Turnover Intention. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 6(2), 468–479.

Triwulandari, S. (2022). Analisis Inteligensi dan Berpikir Kritis. Jurnal Utile, VIII(1), 50–61.

Widia, W., Syahrir, S., & Sarnita, F. (2020). Berpikir Kreatif Merupakan Bagian Terpenting dalam Meningkatkan Life Skills di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(1), 1–6.

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Tedy Sutandy Komarudin, Nilna Azizatus Shofiyyah, Miftahul Ulum, & Muhamad Ridwan. (2023). MULTIVARIATE ANALYSIS ON THE RELATIONSHIP BETWEEN EMOTIONAL INTELLIGENCE, INTELECTUAL INTELLIGENCE, AND LEARNING OUTCOMES IN PSYCHOLOGY EDUCATION. Journal of Psychology and Instruction, 7(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JoPaI/article/view/67965

Issue

Section

Articles