Analysis of the Application of the Independent Curriculum in Character Building Pancasila Student Profile
Keywords:
Independent Curriculum, Character Building, , Pancasila Student ProfileAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka dalam pembentukan karakter profil pelajar pancasila peserta didik kelas IV SD Inpres Bumi sagu yang diukur menggunakan enam indikator dimensi profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah, wali kelas IV, dan peserta didik kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dari hasil wawancara menyatakan bahwa penerapan kurikulum merdeka di SD Inpres Bumi Sagu dapat membentuk karakter peserta didik yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil angket yang diisi oleh peserta didik dan dokumentasi kegiatan peserta didik dalam penerapan kurikulum merdeka. Pembentukan karakter anak bukan hanya peran guru di sekolah tetapi keluarga dan lingkungan sekolah juga ikut berperan.
References
Destiyani, J. (n.d.-a). Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 1443 H/2021 M.
Destiyani, J. (n.d.-b). Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 1443 H/2021 M.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. Https://Doi.Org/10.24246/j.Js.2022.v12.i3.p236-243
Huda, N. (n.d.). Manajemen Pengembangan Kurikulum.
Jayanti, G. D., Setiawan, F., Azhari, R., & Putri Siregar, N. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(1), 40–48. Https://Doi.Org/10.47435/Jpdk.v6i1.618
Kahfi, A. (n.d.). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah.
Khairiyah, U., & Asmara, B. (2023). Else (Elementary School Education Journal). 7(2).
Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2(1), 115–120. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.v1i2.614
Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal On Education, 5(2), 4179–4188. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.v5i2.1116
Marisa, M. (2020). Curriculum Innovation “Independent Learning” In The Era Of Society 5.0. 4.
Martanti, F., Widodo, J., Rusdarti, R., & Priyanto, A. S. (n.d.). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Penggerak.
Marzuki. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1). Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.v0i1.1450
Ms, B., & Swadayani, T. B. (2015). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Smp. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3). Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.v0i3.5627
Nuril Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.v9i3.576
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 1(3).
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.v6i4.3431
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155–167. Https://Doi.Org/10.32550/Teknodik.v25i2.897
Wahyuni, F. (2015). Kurikulum Dari Masa Ke Masa. 10(2).