Implementing Experimental Learning Methods on Student Learning Motivation
Keywords:
Experimental Learning Methods, Learning MotivationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Efektif terhadap motivasi belajar siswa di kelas IV SD Inpres 15 Wara Pantoloan. Penelitian ini di latar belakangi pentingnya motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-postest design. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV SD Inpres 15 Wara Pantoloan yang berjumlah 14 siswa. Teknik Pengambilan data dilakukan dengan lembar angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Efektif Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas IV SD Inpres 15 Wara Pantoloan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Paired Sempel T test pada tarif signifikan 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,000. Karena nilai signifikan T-test < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak.
References
Afandi, M., dan Jupriyanto. (2013). Paedagogik Guru dalam Merencanakan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Semarang: Sultan Agung Press.
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Andi Setiawan, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.
Arianta p., (2020). Efektivitas pembelajaran dengan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains.
Azizah, Trisnawati, E., & Rosnadi. (2024). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap
motivasi belajar IPA. Collase: Journal of Elementary Education, 7(1), 36-41.
Fitran S, (2019). penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Maka dari itu dapat dilihat dari hasil penelitian ini bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII-3 pada materi Pesawat Sederhana.
H. Gani Ali. (2014). Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta didik. Jurnal Al-Ta’dib Tanggung, 6(1), 31–42
I, Wayani Congi Sujana, (2019). Fungsii dani Tujuani Pendidikani Indonesia.i ADI WIDYAi:Jurnali Pendidikani Dasar.4(1):29.
Istiningsih, S., Fauzy, M., & Nisa, K. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 1 Sdn 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 31–41. (https://doi.org/10.21009/jkkp.051.04)
M. azka, (2020). pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X pada materi gerak lurus.
Naimi, N., Azizah, A., Pendit, S. S. D., Zunaedi, K. R., Isman, M., & Sitepu, M. S. (2023). Efektivitas E-Modul Dilan Berbasis Android (DIDROID) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 536. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7281
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Riduwan.(2013). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Roestiyah,N.K (2020) Strategi Belajar Mengajar : Jakarta: Rineka Cipta
Paul Suparno, (2021) Metodologi Pembelajaran Fisika, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Sitepu, M. S., & Amelia, C. (2021). Development of Islamic Values Civics Module on Rights and Obligations for Elementary High School Students. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 617–628. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1690
Sumatowa.2016. Pendidikan IPA. Jakarta: Pustaka Belajar
Sukmadinata Nana.2017.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Rosda
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Trianto Ibnu Bahar. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wisudawati dan Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.