EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING DENGAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

Authors

  • Ketut Inda Sundhari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dessy Seri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Saindra Santyadiputra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v9i2.26466

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan secara terbatas media e-learning dengan model experiential learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas X TKJ dengan jumlah 32 peserta didik dan seorang guru pengampu mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Negeri 3 Singaraja. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 8 instrumen angket yaitu validasi uji ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan, uji respons guru dan uji respons peserta didik. Hasil penelitian untuk validitas ahli isi, desain, dan media memperoleh rata-rata sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil efektivitas media e-learning dengan pemberian pretest dan posttest memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,82 dengan kriteria sangat efektif. Hasil respons guru terhadap penggunaan media e-learning didapatkan rata-rata skor respons sebesar 48 dan hasil respons peserta didik didapatkan rata-rata skor respons sebesar 69,19, jika dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respons maka termasuk pada kriteria kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkan media e-learning komputer dan jaringan dasar telah memenuhi kualitas produk yaitu kevalidan (sangat valid), keefektifan (sangat efektif), dan kepraktisan (sangat praktis).

Downloads

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles