Efektivitas Media E-Learning Dengan Model Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar

Authors

  • Putu Andika Wirasatriya Univeristas Pendidikan Ganesha
  • Dessy Seri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Partha Sindu Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v9i2.26649

Abstract

Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan pengembangan dan mengimplementasikan pengembangan media pembelajaran e-learning dengan model Flipped Classroom berbasis Moodle pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X TKJ di SMK Negeri Bali Mandara, (2) Mengetahui respon guru mata pelajaran dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran e-learning dengan model Flipped Classroom berbasis Moodle pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X TKJ di SMK Negeri Bali Mandara. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas X TKJ di SMK Negeri Bali Mandara dan guru mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri Bali Mandara. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket. Hasil penelitian menunjukan (1) Hasil pengembangan dan implementasi media pembelajaran e-learning dengan model Flipped Classroom berbasis Moodle pada mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar berhasil diterapkan berdasarkan hasil uji validasi dari ahli isi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran dengan nilai rata-rata 1.00 dengan kriteria Sangat Valid, (2) Hasil dari perhitungan respon guru dan peserta didik menunjukan skor rata-rata 45 untuk guru dan 65.3 untuk peserta didik dan termasuk dalam kategori Sangat Positif dan Sangat Praktis.

Downloads

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles