PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERGENRE VISUAL NOVEL BERSTRATEGI BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN AGAMA HINDU MATERI ASTA BRATA
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.39173Abstract
Pembelajaran yang hanya memberikan materi dan penugasan menyebabkan pembelajaran tidak efektif dan peserta didik merasa bosan seperti yang dialami peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Rendang pada mata pelajaran Agama Hindu materi Asta Brata. Penanganan yang dilakukan untuk permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan konten pembelajaran menggunakan visual novel dengan strategi blended learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil uji ahli isi sebesar 1,00 serta uji ahli media dan desain pembelajaran sebesar 1,00. Uji perorangan, kelompok kecil, dan lapangan dilakukan oleh peserta didik kelas VIII dengan kualifikasi sangat baik dan tanpa revisi. Rerata respon peserta didik sebesar 94,5% sedangkan rerata respon pendidik sebesar 92% menunjukkan bahwa konten pembelajaran interaktif dapat meningkatkan minat belajar, fokus, dan kemandirian dalam pembelajaran yang berimplikasi pada peningkatan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan hasil uji efektifitas sebesar 96% atau berada pada kriteria “tinggi” yang berarti konten pembelajaran interaktif dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik.Downloads
Published
2022-03-31
Issue
Section
Articles
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.