PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI PADA MATERI CATUR MARGA YOGA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KALIBUKBUK

Authors

  • Made Hadi Indra Kusuma Hadi Indra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Partha Sindu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Eka Mertayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i3.52462

Abstract

Abstrak—Proses pembelajaran di kelas masih banyak mengalami kesulitan, Guru belum bisa membuat siswa fokus dan aktif dalam mengikut proses pembelajaran.  Hal tersebut disebabkan karena siswa kurang memperhatikan dan masih terbatasnya media dan buku pelajaran. Oleh karena itu peneliti merasa sangat perlu untuk mengembangkan media berupa video pembelajaran agama hindu dengan materi catur marga yoga agama hindu untuk anak-anak SD N 2 Kaliibukbuk yang dapat membantu proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media video pembelajaran pada materi Tempat Suci dalam mata pelajaran Agama Hindu serta mengetahui respon siswa terhadap media video pembelajaran dengan studi kasus di Sekolah Dasar Negeri 2 Banjar Tegal kelas lima. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R & D) pada materi menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan enam tahapan, yaitu tahap concept (pengonsepan), tahap design (perancangan), tahap material Collecting (pengumpulan bahan), tahap assembly (pembuatan), tahap testing (pengujian) dan tahap distribution (pendistribusian). Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan media video pembelajaran agama hindu, yang di antaranya ialah Uji ahli isi dengan hasil .00% dengan masuk kategori sangat valid , uji ahli media mendapatkan hasil representasi  .00% dengan masuk kategori sangat valid dengan adanya revisi, uji respon dengan jumlah siswa 31 dengan hasil 83.9% dengan masuk kategori sangat valid.

Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Animasi 2D, Agama Hindu, Catur Marga Yoga.

 

References

Alfatra, Febri Faizin, Mahendradewa Suminto, and Pandan Pareanom Purwacandra. (2019). “Penciptaan Film Animasi ‘Chase!’ Dengan Teknik ‘Digital Drawing.’” Journal of Animation and Games Studies 5 (1): 033–056. https://doi.org/10.24821/jags.v5i1.2799.

Dewi, N W Wiyanthini, Ign I Wayan Suwatra, and I Wayan Romi Sudhita. (2015). “PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN MEMBERI PENGUATAN PADA MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan.”

Ekaputra, Wisnu; Sindu, Partha; Suyasa, Arta. (2021). “Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Mata Pelajaran Agama Hindu Mengenai Sad Ripu Studi Kasus” 10: 259–70.

Fadhli, Muhibuddin. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 3 (1): 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157.

Fauzan, Muhammad Aziz, and Dwi Rahdiyanta. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Teori Pemesinan Frais.” Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin 2 (2): 82–88. https://doi.org/10.21831/DINAMIKA.V2I2.15994.

Gunawan, T., and R.Sutanto A. Pranayama. (2021). “Perancangan Animasi Dengan Motion Capture Sebagai Sarana Edukasi Covid-19.” Jurnal DKV Adiwarna 2 (17): 9. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/10902.

Habe, Hazairin, and Ahiruddin Ahiruddin. (2017). “Sistem Pendidikan Nasional.” Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis 2 (1): 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48.

Kurniawan, Dicky, Dedi Kuswandi, and Arafah Husna. (2018). “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang.” JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 4 (2): 119–25. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119.

Masturoh, Imas, Nauri Anggita. (2018). “Lihat Artikel.” https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=2T3aQLgAAAAJ&citation_for_view=2T3aQLgAAAAJ:M3ejUd6NZC8C. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Rq96o6MAAAAJ&alert_preview_top_rm=2&citation_for_view=Rq96o6MAAAAJ:u5HHmVD_uO8C.

Mustika, Mustika, Eka Prasetya Adhy Sugara, and Maissy Pratiwi. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle.” Jurnal Online Informatika 2 (2): 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139.

Parmiti, Desak Putu, Luh Putu, Putrini Mahadewi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, and Universitas Pendidikan Ganesha. (2013). “‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Multimedia Design Model Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Keleas IV Semester I.’”

Sari, Ayu Widi, I Gede Partha Sindu, and Ketut Agustini. (2021). “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) 10 (2): 100. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i2.31525.

Satria, Devit. (2018). “Video Animasi Multimedia Pembelajaran Keamanan Jaringan Komputer 2D.” Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis 9 (2): 2024–33. https://doi.org/10.47927/jikb.v9i2.132.

Sirna, I Wayan, and Putu Ersa Rahayu Dewi. (2018). “Pemanfaatan Multimedia Presentasi Dan Media Cetak Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu.” Jurnal Penjaminan Mutu 4 (1): 115. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.404.

Tri Widadijo, Wahju. (2020). “12 Prinsip Animasi Dalam Serial ‘Adit & Sopo Jarwo.’” Aksa: Jurnal Desain Komunikasi Visual 1 (1): 070–085. https://doi.org/10.37505/aksa.v1i1.7.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles