Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie - Hilangnya Handphone Bayu Saat Bermain Deduplak
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i3.52512Abstract
Film Animasi 3 Dimensi yang berjudul “Tude The Movie – Hilangnya Handphone Bayu Saat Bermain Deduplak” menceritakan tentang Tude dan kawan-kawannya yang sedang asik bermain deduplak di lapangan, namun ditengah-tengah permainan, salah satu teman Tude yang bernama Bayu kehilangan handphone miliknya. Deduplak sendiri merupakan permainan tradisional Bali berlari dan berjalan yang terbuat dari batok kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembuatan Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie – Hilangnya Handphone Bayu Saat Bermain Deduplak dan mengetahui respon masyarakat terhadap hasil akhir Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie – Hilangnya Handphone Bayu Saat Bermain Deduplak. Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie – Hilangnya Handphone Bayu Saat Bermain Deduplak menggunakan model penelitian MDLC (Multimedia Development Life Cycle), MDLC memiliki 6 tahapan diantaranya adalah tahapan concept (pengonsepan), tahapan design (perancangan), tahapan material collecting (pengumpulan bahan), tahapan assembly (pembuatan), tahapan testing (pengujian) dan terakhir adalah tahapan distribution (pendistribusian). Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie – Hilangnya Handphone Bayu Saat Bermain Deduplak diharapkan nantinya mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai permainan tradisional Bali deduplak. Beberapa pengujian dilakukan pada film animasi ini diantaranya dari pengujian ahli isi yang mendapat hasil 100%, pengujian ahli media mendapat hasil 100% dan pengujian respon pengguna mendapat respon 62% sangat positif, 35% berkategori positif dan 3% berkategori cukup positif. Rata – rata tingkat kelayakan terhadap Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie – Hilangnya Handphone Bayu Saat Bermain Deduplak, medapatkan hasil 87,8% dan masuk kedalam kategori Baik di masyarakat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.