Pengembangan Aplikasi Virtual Reality Mengenal Macam-Macam Benda Di Sekitar Rumah Dalam Bahasa Inggris (Studi Kasus: SD Cerdas Mandiri Denpasar)

Authors

  • I Made Yuda Pratama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Partha Sindu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Saindra Santyadiputra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i3.21695

Abstract

Pengembangan Aplikasi Virtual Reality Mengenal Macam-Macam Benda Di Sekitar Rumah Dalam Bahasa Inggris merupakan pemanfaatan teknologi yang digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Media pembelajaran berupa aplikasi Virtual Reality ini mengajak pengguna untuk melihat bentuk benda-benda di sekitar rumah sehingga pengguna mengetahui bagaimana bentuk benda-benda di sekitar rumah sekaligus memberikan pengalaman baru dalam menjelajah dunia virtual. Pengembangan Aplikasi Virtual Reality Mengenal Macam-Macam Benda Di Sekitar Rumah Dalam Bahasa Inggris menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Pengujian penelitian ini menggunakan 5 proses pengujian : (1) Uji blackbox dengan 5 responden menggambarkan kesesuian terhadap aplikasi, (2) uji whitebox dengan hasil sudah sesuai, (3) uji ahli media dengan hasil sudah sesuai, (4) uji ahli Isi dengan hasil sudah sesuai, (5) uji respon pengguna dengan 20 responden dengan rerata hasil sebesar 87,37% yang menunjukkan pada rentangan skala 80%-100% yang artinya responden menilai sangat setuju.

           

Kata Kunci: Pengembangan Aplikasi, Virtual Reality, Benda di Sekitar Rumah, Bahasa Inggris.

Author Biographies

I Made Yuda Pratama, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Teknik Informatika

Jurusan Teknik informatika

Fakultas Teknik dan Kejuruan

I Gede Partha Sindu, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Teknik Informatika

Gede Saindra Santyadiputra, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Teknik Informatika

Downloads

Published

2019-12-26

Issue

Section

Articles