“3D ANIMATH”: MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI MATEMATIKA UNTUK SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i3.55072Keywords:
Matematika, 3D Animath, MDLC, TunagrahitaAbstract
Penggunaan media pembelajaran yang masih manual dan keterbatasan siswa tunagrahita dalam memahami materi pembelajaran yang bersifat abstrak. Terlebih lagi di masa pandemic covid-19 guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini perlu adanya pengembangan khususnya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengimplementasikan dan mengetahui tingkat kelayakan media serta respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran 3D Animath. Pengembangan media pembelajaran 3D Animath mata pelajaran matematika menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan pengembangan. Tahapan-tahapan model MDLC yaitu 1. Concept; 2. Design; 3. Material Collecting; 4. Assembly; 5. Testing; 6. Distribution. Hasil penilaian terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 1,00 dan media sebesar 1,00 dengan kategori sangat layak. Rata-rata uji respon siswa terhadap media pembelajaran 3D Animath sebesar 92,2%. Media pembelajaran 3D Animath digunakan sebagai panduan guru maupun orang tua dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa di masa pandemic covid-19, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus pada anak di rumah. Ini dibuktikan dengan hasil respon siswa jika dikonversikan kedalam tabel respon siswa termasuk dalam kategori sangat baik.
References
Binanto, I. (2010). Multimedia Dasar-Dasar Teori dan pengembangannya. ANDI.
Candiasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi ITEMAN dan BIGSTEP. Universitas Pendidikan Ganesha.
Daroni, G. A., & Salim, A. (2018). IMPACT OF PARENT ’ S DIVORCE ON CHILDREN ’ S EDUCATION FOR. 5(1), 1–9.
Journal, T. H. E. A., & Psychiatry, O. F. (1972). CLASSIFICATION Differing Concepts of Diagnosis as a Problem in Classification. 128.
Mutia Sari, S. F., Binahayati, & Budi, M. (2017). PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNA GRAHITA ( STUDI KASUS TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB N PURWAKARTA ). 4, 217–222.
Pariatin, Y., & Yuda, Z. A. (2014). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PKN UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU BERBASIS MULTIMEDIA (Studi kasus di Kelas VII SMPLB Negeri Garut Kota). 4, 1–9.
Pradana, F., Bachtiar, F. A., & Priyambadha, B. (2019). Penilaian Penerimaan Teknologi E-Learning Pemrograman berbasis Gamification dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 163. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019621288
Pradnyana, I. K. A. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif PPKN untuk Siswa Tunagrahita dengan Konsep Gamifikasi. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 166–176.
Riyanto, W. D. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning. (Utilizing Power Points for Students with Learning Disability). 1(1), 55–63.
SAEIDINIA, A. (2016). Prevalence of Strongyloides stercoralis and Other Intestinal Parasites among Institutionalized Mentally Disabled Individuals in Rasht, Northern Iran. 11(4), 527–533.
Downloads
Published
Issue
Section
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.