ANALISIS KEBERHASILAN PROYEK DESENTRALISASI PENDIDIKAN DASAR TERKAIT DENGAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN SEKOLAH DI KABUPATEN GIANYAR TAHUN 2003-2007

Main Article Content

Made Suryadi

Abstract

ABSTRAK
Telah dilakukan analisis keberhasilan proyek desentralisasi pendidikan dasar terkait
dengan pengembangan pendidikan sekolah di Kabu[aten Gianyar tahun 2003-2007. Adapun
tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis keberhasilan upaya peningkatan akses dan
pemerataan pemerolehan pendidikan dan (2) menganalisis keberhasilan upaya peningkatan
mutu pendidikan di tingkat pendidikan dasar di kabupaten Gianyar selama proyek
desentralisasi pendidikan dasar dari tahun 2003-2007. Populasi penelitian adalah 107 SD dan
SMP sedangkan sampel penelitian sebanyak 28 sekolah SD dan SMP di Kabupaten Gianyar.
Sampel ditentukan dengan teknik bertingkat dan berjenjang secara random. Data tentang
jumlah siswa, APK, APM, DO, AMK, AT, hasil UAS, UN, proses pembelajaran, tenaga
pendidik, dan sarana-prasarana diambil dengan instrumen pengambil data baik lewat
pengisian kuesioner,observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada keberhasilan dalam pengembangan
pendidikan sekolah di kabupaten Gianyar sesuai dengan yang direncanakan dalam rencana
pengembangan pendidikan sekolah selama proyek berlangsung kurun waktu 2003-
2007.Keberhasilan ini dapat dilihat dari: (i) adanya peningkatan kualitas akses dan
pemerataan pemerolehan pendidikan yang meliputi jumlah siswa, APK, APM, DO, AMK,
AK, dan AT di tingkat pendidikan dasar dan (ii) adanya peningkatan mutu pendidikan di
tingkat pendidikan dasar dilihat dari capaian UAS SD dan UN SMP, proses pembelajaran,
pendidik, tenaga kependidikan dan sarana-prasarana sekolah.
Kata kunci : analisis keberhasilan, desentralisasi pendidikan dasar, pengembangan
pendidikan sekolah

Article Details

Section
Articles