IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERLANDASAN TAT TWAM ASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17345Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (atas dan bawah) bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berlandasan Tat Twam Asi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Busungbiu.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Busungbiu tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 31 orang siswa, yaitu 17 putra dan 14 putri. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 7,81 dengan kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 79,41% dengan katagori baik. Sedangkan Pada siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 8,47 kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% katagori sangat baik.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (bawah dan atas) bola voli mengalami peningkatan melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berlandaskan Tat Twam Asi. Oleh karena itu guru penjasorkes disarankan untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli.
References
Aip Syarifuddin., 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SLTP Kelas I. Jakarta: PT. Grasindo.
Bachtiar, dkk. 2000. Permainan Bola Voli dan Bola Tangan. Universitas Terbuka. Cetakan Kedua.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta
Hamalik, Oemar 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara
Kanca I Nyoman., 2006. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja: Undiksha.
Mudjiono dan Dimyati., 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhadi, dkk., 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurkancana dan Sunartana., 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nana Sudjana., 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratumanan., 2002. Belajar dan Pembelajaran. Unesa University Press.
Suharta I Gusti dan Ardana I Made., 2006. Jenis-Jenis Model Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Penataran Dosen Muda Pola 90 Jam, IKIP Singaraja, Singaraja Agustus 2006.
Suroto, dkk., 2007. Pembelajaran Penjasorkes Inovatif untuk Pendidikan dasar
Surabaya : Balitbang-Pulitjaknov
Slavin, Robert. E., 1997. Cooferatif Learning 2nd Ed. Boston: Allyn and Bacon
Sugiyanto,dkk.,1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka
Sugiyanto,dkk.,1991. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Universitas Terbuka
Sukidin, dkk., 2002. Manajemen Peuletion Kelas. Surabaya: Insan Cendekia
Sumihati Ni Made., 2010. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Program Pascasarjana Program Studi Administrasi Pendidikan.
Trianto., 2007. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Yunus., 1992. Olahraga Pelatihan Bola Voli. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)