PENGARUH LATIHAN SMALL SIDE GAMES TERHADAP KELINCAHAN PADA PERMAINAN SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24212Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan Small Side Games (2VS2, 3VS3, 4VS4) terhadap kelincahan dalam permainan sepak bola pada kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMAK Thomas Aquino. Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pre test – post test control gruop design. Sampel penelitian sebanyak 30 orang yang kemudian dikategorikan kedalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan masing-masing berjumlah 15 orang dengan teknik intac group. Data dikumpulkan dengan tes tindakan, kemudian dianalisis gain score ternormalisasi dengan teknik t-tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis, bahwa ada pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen, yaitu dengan latihan Small Side Games. Berdasarkan rata-rata hitung ditemukan bahwa kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok control (ẍ1 = 0.0250 > ẍ2 = 0.0196). Selain itu, dari hasil analisis uji t di atas diperoleh nilai t-hitung sebesar 5.1910 dan t-tabel pada taraf signikansi α = 0,05 adalah 2.048. Karena t-tabel 2.048 lebih kecil dari t-hitung 5.1910, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulanya bahwa latihan small side games berpengaruh terhadap kelincahan pada permainan sepakbola.
References
Charaka R.W, Dkk: 2018. Pengaruh Latihan Small-Sided Games Terhadap Keterampilan Passing, Controlling dan Shooting Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMK Negeri 1 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Kejaora, Volume 3 Nomor 2, Hal. 194-201. Universitas PGRI Banyuwangi.
Capranica, L., Tessitore, A., Guidetti, L. and Figura, F. (2001) Heart rate and match analysis in pre-pubescent soccer players. Journal of Sports Sciences 19, 379-384
Deypaha, I. (2016). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Peningkatan Daya Tahan Cardiovascular dan Kelincahan Pada Pemain Sepak Bola SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, 1(832410075).
Hadjarati, 2010. Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.
Harsono, 2010. Ilmu Kepelatihan Olaharaga STO. Yogyakarta.
Irfan, A. (2016). Pengaruh Latihan Small Sided Games Dengan Metode Interval Training Terhadap Peningkatan Kelincahan Pada Pemain Sepakbola Di School Soccer Putra Zodiac Usia 15-16 Tahun. Jurnal Kesehatan Olahraga, 4(2).
Ismaryati. (2006). Tes dan pengukuran olahraga. UNS Press, Surakarta.
Koyan, I Wayan. M.Pd. 2007. Statistic Pendidikan. Teknik Analisis Data Kuantitatif. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Morgan. 1984. Theory and Methodology Training :to Key to Athletic Performance. Canada: Kendall/Hunt Publisher Company.
Muhajir. 2007 (2007). Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga
Nala, 2011. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Universitas Udayana Denpasar
Rampinini, E., Impellizzeri, F., Castagna, D., Abt, G.A., Chamari, K.Sassi, A. and Marcora, M. (2007). Factors influencing physiological responses to small-sided soccer games. Journal of Sports Sciences 25, 659-666.
Riduwan, Nazir dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta
Suharno.HP. (1985). Ilmu kepelatihan olah raga yayasan STO. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)