PERMAINAN GERAK DASAR LOKOMOTOR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA SEDANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24696Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan permainan gerak dasar lokomotor untuk anak tunagrahita sedang.penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang dari tiga SD SLB C di Kota Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan gerak dasar lokomotor untuk anak tunagrahita sedang dapat diaplikasikan akan tetapi dengan intruksi penuh serta pendampingan lebih. Hasil uji efektifitas juga menunjukkan bahwa model ini efektif yang dilihat dari hasil t _ (hitung) = 17.50 > t _ (tabel) = 2,028 sehingga terima Ha dengan Signifikan. Saran dari penelitian ini yaitu para guru/pelatih dapat menggunakan model ini baik dalam pembelajaran maupun latihan akan tetapi dengan pendampingan.
References
Borg, W.R. & Gall, M.D. 2007., Educational Research An Introduction. Longman New, York.
Indah, Yuniar Utari. 2015. Upaya Meningkatkan Gerak Dasar Lokomotor Anak Tunagrahita Ringan Melalui Permainan Tradisional (Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Mulya Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3 (2), 279-282.
Kemis dan Ati, Rosnawati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta Timur : PT. Luxima Metro Media.
Kenneth, R. Ginsburg. 2007. American Journal Academy of Pediatric, Vol. 119 No. 1, 1 Januari 2007. 182-191
Magil, A. Richard. 2011. Motor Learning and Control Concepts and Application (9thed). New York: McGraw-Hill.
Rachmayan, Dadan. 2013. Diantara Pendidikan Luar Biasa Menuju Anak Masa Depan Yang Inklusif. Jakarta Timur : Luxima.
Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)