PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.26398Keywords:
think phare share, aktivitas belajar, hasil belajar, passing bola basketAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket pada peserta didik kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Asembagus tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Asembagus tahun pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 36 peserta didik dengan rincian 15 peserta didik putri dan 21 peserta didik putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data rata-rata aktivitas belajar secara klasikal teknik dasar passing bola basket pada siklus I sebesar 7,1 (aktif), dan meningkat menjadi 8,4 (aktif) pada siklus II. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 86,1% (baik), dan meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola basket (chest pass dan bounce pass) meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Asembagus tahun pelajaran 2019/2020.
References
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kanca, I.N. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Koloay, C.C.J. (2017). IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TPS MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 1 No. 3 (hlm. 98-109).
Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Parwata, I. G. L. A. (2014). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THING PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT JAUH SISWA KELAS V MIN SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 2(1).
Putrawan, I.G. (2013).PENERAPAN KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI SISWA KELAS VIII 1 SMP NEGERI 4 KUTA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Vol. 1 No. 3.
Satriawan, K.B. (2017). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1 No. 2 (hlm.40-48).
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supardika, I.K. (2013). PENERAPAN KOOPERATIF TPS MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ROLL SENAM LANTAI SISWA KELAS VII.A SMP NEGERI 4 NEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olaharaga dan Kesehatan. Vol. 1 No. 3.
Suprijno, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Perpustakaan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)