PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.26403Keywords:
kooperatif, TGT, hasil belajar, passing control, sepakbolaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar passing control sepakbola dalam PJOK. Penelitian ini merupakan eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan didapat kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan X IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Perlakuan dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan diluar posttest. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.001 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing control sepakbola dalam PJOK di SMA Negeri 2 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
References
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hijria, Andini, dkk 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11343. (diakses pada tanggal 29 Oktober 2019 22.20 WITA)
Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 199-211). http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/
suaraguru/article/view/3597. (diakses pada tanggal 29 Oktober 2019 22.00 WITA)
Iswardhani dan Nurhasan. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Dropshot Bulutangkis. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikanjasmani/article/view/29441/26964 (diakses pada tanggal 10 April 2020 13.55 WITA)
Nugroho, Dian Riski dan Abdul Rachman. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe Team Games Tournament) TGT terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bola Voli di Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikanjasmani/article/view/2820/5733. (diakses pada 4 Oktober 2019 22:49 WITA)
Pertiwi, Ni Kadek Ariani, dkk.2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipt TGT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11222/7170 (diakses pada tanggal 10 April 2020 14.30 WITA)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)