PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAKBOLA

Authors

  • Muhammad Kartiko Kusuma Wardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Panca Adi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.26403

Keywords:

kooperatif, TGT, hasil belajar, passing control, sepakbola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar passing control sepakbola dalam PJOK. Penelitian ini merupakan eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan didapat kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan X IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Perlakuan dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan diluar posttest. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.001 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing control sepakbola dalam PJOK di SMA Negeri 2 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

References

Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hijria, Andini, dkk 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11343. (diakses pada tanggal 29 Oktober 2019 22.20 WITA)

Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 199-211). http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/

suaraguru/article/view/3597. (diakses pada tanggal 29 Oktober 2019 22.00 WITA)

Iswardhani dan Nurhasan. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Dropshot Bulutangkis. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikanjasmani/article/view/29441/26964 (diakses pada tanggal 10 April 2020 13.55 WITA)

Nugroho, Dian Riski dan Abdul Rachman. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe Team Games Tournament) TGT terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bola Voli di Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikanjasmani/article/view/2820/5733. (diakses pada 4 Oktober 2019 22:49 WITA)

Pertiwi, Ni Kadek Ariani, dkk.2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipt TGT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11222/7170 (diakses pada tanggal 10 April 2020 14.30 WITA)

Downloads

Published

2020-10-21