MOTIVASI SISWA KELAS XI IPA 1 DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS ONLINE DI SMA ANGKASA 1 LANUD SOEWONDO

Authors

  • Rizki Bastanta Manalu UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27369

Keywords:

motivasi, pendidikan jasmani, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis motivasi siswa kelas X1 IPA 1 dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani berbasis online di SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan pada penelitian ini, metode survei dan teknik pengambilan data menggunakan alat bantu berupa aplikasi google formulir. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI sebanyak 52 siswa. Jumlah sampel untuk penelitian ini sebanyak 32 orang siswa kelas XI IPA 1. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif yang dibuat dalam bentuk persentase. Data dikumpulkan melalui google formulir kemudian di validasi. Jika data tersebut valid, maka analisis data selanjutnya dapat dilakukan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa kelas XI IPA 1 dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani berbasis online di SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo termasuk dalam kategori sedang. Secara rinci, kategori tinggi sebanyak 9 orang (28,13%), kategori sedang sebanyak 20 orang siswa (62,50%), kategori rendah sebanyak 3 orang siswa (9,38%).

References

Adawi, R. (2008). Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Bahas Unimed.

Adiat, K. A. N., Nawawi, M. N. M. Abdullah, K. (2012). Assessing the accuracy of GIS-based elementary multi criteria decision analysis as a spatial prediction tool - A case of predicting potential zones of sustainable groundwater resources. Journal of Hydrology. doi: 10.1016/j.jhydrol.2012.03.028.

Arnesti, N. Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan. doi: 10.24114/jtikp.v2i1.3284.

Dabbagh, N. (2005). Pedagogical models for E-Learning: A theory-based design framework. International Journal of Technology in Teaching and Learning.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A. Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). doi: 10.26555/jpsd.v4i1.a9594.

Hapsari, S. A. and Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. doi: 10.32509/wacana.v18i2.924.

Jannah, P. Z. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Zooming Presentation Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas X pada Konsep Suhu dan Kalor. Skripsi.

Kompri (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa., Konsep Motivasi.

Mediawati E. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan,10(2), 134 – 146

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. doi: 10.22373/lj.v4i2.1881.

Pebruanti, L. Munadi, S. (2015). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di Smkn 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi. doi: 10.21831/jpv.v5i3.6490.

Rokhayati, A. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. doi: 10.17509/jpjo.v1i2.5664.

Sadirman (2011). Keguruan dan Ilmu Kependidikan. Interakasi dan motivasi Belajar-Mengajar.

Soni et al. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI.

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu. doi: 10.25078/jpm.v1i1.34.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi). doi: 10.24127/ja.v3i1.144.

Syah, M. (2010) Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru.

Uno, B. H. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya’, Personnel Review.

Downloads

Published

2020-10-21