MOTIVASI SISWA KELAS XI IPA 1 DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS ONLINE DI SMA ANGKASA 1 LANUD SOEWONDO
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27369Keywords:
motivasi, pendidikan jasmani, siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis motivasi siswa kelas X1 IPA 1 dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani berbasis online di SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan pada penelitian ini, metode survei dan teknik pengambilan data menggunakan alat bantu berupa aplikasi google formulir. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI sebanyak 52 siswa. Jumlah sampel untuk penelitian ini sebanyak 32 orang siswa kelas XI IPA 1. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif yang dibuat dalam bentuk persentase. Data dikumpulkan melalui google formulir kemudian di validasi. Jika data tersebut valid, maka analisis data selanjutnya dapat dilakukan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa kelas XI IPA 1 dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani berbasis online di SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo termasuk dalam kategori sedang. Secara rinci, kategori tinggi sebanyak 9 orang (28,13%), kategori sedang sebanyak 20 orang siswa (62,50%), kategori rendah sebanyak 3 orang siswa (9,38%).
References
Adawi, R. (2008). Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Bahas Unimed.
Adiat, K. A. N., Nawawi, M. N. M. Abdullah, K. (2012). Assessing the accuracy of GIS-based elementary multi criteria decision analysis as a spatial prediction tool - A case of predicting potential zones of sustainable groundwater resources. Journal of Hydrology. doi: 10.1016/j.jhydrol.2012.03.028.
Arnesti, N. Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan. doi: 10.24114/jtikp.v2i1.3284.
Dabbagh, N. (2005). Pedagogical models for E-Learning: A theory-based design framework. International Journal of Technology in Teaching and Learning.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A. Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). doi: 10.26555/jpsd.v4i1.a9594.
Hapsari, S. A. and Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. doi: 10.32509/wacana.v18i2.924.
Jannah, P. Z. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Zooming Presentation Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas X pada Konsep Suhu dan Kalor. Skripsi.
Kompri (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa., Konsep Motivasi.
Mediawati E. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan,10(2), 134 – 146
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. doi: 10.22373/lj.v4i2.1881.
Pebruanti, L. Munadi, S. (2015). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di Smkn 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi. doi: 10.21831/jpv.v5i3.6490.
Rokhayati, A. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. doi: 10.17509/jpjo.v1i2.5664.
Sadirman (2011). Keguruan dan Ilmu Kependidikan. Interakasi dan motivasi Belajar-Mengajar.
Soni et al. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI.
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu. doi: 10.25078/jpm.v1i1.34.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi). doi: 10.24127/ja.v3i1.144.
Syah, M. (2010) Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru.
Uno, B. H. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya’, Personnel Review.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)