Pengembangan Model Latihan Spat-Desain Materi Bola Voli Dalam Pembelajaran PJOK pada Jenjang SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30738Keywords:
model latihan, sirkuit training, bolavoli, aktivitas belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi kelayakan model Latihan Sirkuit Passing Atas T-Desain (SPAT-Desain) sebagai aktivitas belajar siswa materi bola voli dalam pebelajaran PJOK pada jenjang SMP. Penelitian menggunakan desain pengembangan Borg and Gall yang disesuaikan dengan kondisi pandemi covid-19, sehingga hanya berfokus pada pengembangan produk yang divalidasi melalui dua kali tahapan uji validasi ahli. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen angket skala nilai. Analisis data mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan hasil penelitian: (a) produk akhir pengembangan model latihan SPAT-Desain yang disusun dalam buku panduan aktivitas latihan, (b) produk akhir pengembangan memenuhi kategori “Sesuai dan Layak” sebagai aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil validasi tiga orang ahli. Kesimpulan penelitian ini adalah model latihan SPAT-Desain Bola Voli “sesuai dan layak” digunakan sebagai bentuk aktivitas belajar PJOK materi bola voli di SMP.
References
Adiesta, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Bagian (Part Method) Terhadap Hasil Keterampilan Dribble dan Shooting Per Menit Bola Basket (Studi Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 4 Sidoarjo Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3).
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.
Lehnert, M., Stastny, P., Sigmund, M., Xaverova, Z., Hubnerova, B., & Kostrzewa, M. (2015). The effect of combined machine and body weight circuit training for women on muscle strength and body composition. Journal of Physical Education and Sport, 15(3), 561.
Lenberg, K. (2006). Volleyball skills & drills. Human Kinetics.
Ozawa, Y., Uchiyama, S., Ogawara, K., Kanosue, K., & Yamada, H. (2019). Biomechanical analysis of volleyball overhead pass. Sports Biomechanics.
Prastowo, G. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Part Practice Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Cerme). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3).
Ridwan, M. (2019). Metode Latihan Sirkuit Berpengaruh terhadap Kemampuan Servis Atas Bola Voli. Jurnal Patriot, 1(3), 1114–1123.
Sajoto, M. (1995). Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Dahara Prize.
Setiawan, R. R. (2019). Model Latihan Heading Sepakbola Berbasis Sirkuit Pada Sekolah Sepakbola Usia 14-17 Tahun. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(1), 10–12.
Sobarna, A., Rusmana, R., & Meirizal, Y. (2018). Meningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot Dengan Menggunakan Metode Bagian Perbagian (Penelitian Tindakan Pada Mahasiswa Prodi PJKR STKIP Pasundan Cimahi). Jurnal Segar (Sehat Dan Bugar) Vol, 7.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta.
Tapo, Y. B. O. (2019). Pengembangan model latihan sirkuit pasing bawah T-Desain (SPBT-desain) bola voli sebagai bentuk aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PJOK untuk tingkat sekolah menengah. IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 3(2), 18–34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)