Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752Keywords:
model latihan, kebugaran jasmani, permainan tradisional, aktivitas belajar, pendidikan jasmaniAbstract
Inovasi pembelajaran penjas yang efektif dan menyenangkan perlu dilakukan secara berkala agar menambah alternatif model pembelajaran yang dapat memacu peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengembangkan model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan tradisional, (2) menguji kelayakan penggunaan produk pengembangan. Desain penelitian meliputi (1) penelitian produk yang telah ada, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) Pengujian internal desain tahap I, (4) revisi produk I, (5) pengujian internal desain tahap II, (6) revisi produk II, (7) produk akhir. Tempat dan subyek penelitian yaitu siswa SMP Citra Bakti berjumlah 9 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket skala nilai. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan tradisional sebagai aktivitas belajar siswa yang diberi nama Model Latihan Play4Fit. (2) model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan tradisional (Play4Fit) memenuhi kategori “sesuai” (layak) digunakan sebagai bentuk aktivitas belajar siswa pada materi latihan kebugaran jasmani dalam pembelajaran penjas.
References
Ardiwinata, Hartini. (2006). Pemanfaatan Permainan tradisional. Jakarta: Bumi Siliwangi.
Bile, R. L. & Suharharjana, S. (2019). Efektivitas penggunaan model latihan kebugaran “Bbc Exercise” untuk pemeliharaan kebugaran jasmani mahasiswa. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 3 (1), 30-37, DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v3i1.16857
Bile, R. L. (2019). Pengembangan model latihan olahraga kesehatan berbasis breathing exercise, bodyweight training dan core stability exercise untuk pemeliharaan kebugaran jasmani mahasiswa. Thesis S2 (versi cetak) Ilmu Keolahragaan Program Pascasarjana UNY.
Giriwijoyo, S. (2012). Ilmu faal Olahraga. Bandung: ITB.
Irianto, D. P. (2017). Panduan gizi lengkap keluarga dan olahragawan. Yogyakarta: Andi Offset.
Lutan, Rusli, dkk. (2001). Pendidikan kebugaran jasmani: orientasi pembinaan sepanjang hayat. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Dirjen OR.
Monyeki, M. A., Neetens, R., Moss, S. J., & Twisk, J. (2012). The relationship between body composition and physical fitness in 14 years old adolescents residing within the Tlokwe local municipality, South Africa: The PAHL study. BMC Public Health 2012, 12: 374. http://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/374.
Nugroho, A.S. 2015. Perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VI, VIII, IX SMP NEGERI I Kota Mungkid Kabupaten Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu keolahragaan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Yogyakarta.
Powell, M. A. (2011). Physical fitness: training, effects, and maintaining. Nova Science Publishers, Inc. New York.
Suharjana. (2008). Pendidikan Kebugaran Jasmani. Pedoman Kuliah. Yogyakarta FIK UNY.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.
Suroto. (2004). Buku pegangan kuliah pengertian senam, manfaat senam dan urutan gerakan. Semarang: Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum Olahraga UNDIP.
Tapo, Y.B.O. & Bile, R.L. (2020). Evektivitas pengunaan model latihan olahraga pernapasan monacors untuk pemeliharaan kesehatan fungsi paru bagi mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid-19. Ejurnal IMEDTECH, 4(2), 54-65. DOI: http://dx.doi.org/10.38048/imedtech.v4i2.226
Tapo, Y.B.O. (2020). Evaluasi status kebugaran jasmani dan tingkat penguasaan keterampilan olahraga sepakbola dan bola voli mahasiswa PJKR semester V STKIP Citra Bakti Ngada berdasarkan aktivitas perkuliahan praktek dan pembinaan kegiatan UKM. Ejurnal IMEDTECH, 4(1), 37-54, DOI: http://dx.doi.org/10.38048/imedtech.v4i1.223
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)