Pengaruh Kelincahan dan Metode Latihan Terhadap Keterampilan Dribbling Sepakbola pada Peserta Ekstrakurikuler
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31097Keywords:
metode latihan, kelincahan awal, dribblingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Perbedaan hasil keterampilan dribbling sepakbola siswa dengan metode latihan side hop dan latihan side jump sprint. 2) Interaksi antara metode latihan dan kelincahan awal terhadap keterampilan dribbling sepakbola. 3) Perbedaan keterampilan dribbling sepakbola siswa dengan kelincahan awal tinggi pada metode latihan side hop dan latihan side jump sprint. 4) Perbedaan keterampilan dribbling siswa dengan kelincahan awal rendah pada metode latihan side hop dan latihan side jump sprint. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan treatment by level dengan dua kategori. Populasi pada penelitian ini adalah 75 orang. Sampel berjumlah 40 orang ditentukan dengan hasil test kelincahan awal. Teknik analisis data menggunakan anava 2 jalur pada taraf signifikansi 0,05. Instrumen penelitian menggunakan tes kelincahan Illinois dan Dribbling Bobby Carlton test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keterampilan dribbling sepakbola pada latihan side jump sprint lebih baik dari latihan side hop dengan mean difference 1,838 dan sig. (0,000) < (0,05), 2) Terdapat interaksi antara metode latihan dan kelincahan awal terhadap Keterampilan dribbling sepakbola dengan sig. (0,000) < (0,05). 3) Keterampilan dribbling sepakbola pada siswa kelincahan awal tinggi latihan side jump sprint lebih baik dari latihan side hop dengan mean difference 3,138 dan sig. (0,000) < (0,05), 4) Keterampilan dribbling sepakbola pada siswa kelincahan awal rendah yang latihan side jump sprint lebih baik dari latihan side hop dengan mean difference 0,537dan sig. (0,048) < (0,05).
References
Candiasa, I Made. 2010. Statistik Multivariate Disertai Aplikasi SPSS. Undiksha Singaraja.
Dantes, 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Koger, Robert. 2007. Latihan Dasar Andal Sepakbola Remaja. Klaten: Saka Mitra Kompetensi.
Mielke, Danny. 2007. Dasar-dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya
Mikail, K & Suharjana. 2019. Pengembangan model latihan keterampilan sepakbola bagi anak usia 10-12 tahun di sekolah sepakbola. Jurnal Olahraga Prestasi, 15(1), 14-27. Tersedia pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jorpres/article/view/26023/pdf. Diakses 3 Oktober 2020.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sunarba, I G., Sudiana I K., & Tisna, G. D. 2018. Pengaruh pelatihan side jump sprint dan scissor jump terhadap daya ledak otot tungkai. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 6(2), 37-48. Tersedia pada http s://pdfs.semanticscholar.org/e3ed/3612a9e6fae2860c0b1fe28a3ca069143ce5.pdf. Diakses 3 Oktober 2020.
Sukadiyanto. 2005. Pengantar Teori Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta : Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Suratmin, 2016. Penerapan Metode Pelatihan Pliometrik dalam Meningkatkan Power Otot Tungkai Atlet PPLM Bali. Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpehs/article/view/6500/4898. (diakses pada tanggal 11 Oktober 2019).
Widaninggar, W.M. et al. 2002. Ketahuilah Tingkat Kesegaran Jasmani Anda. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)