Tingkat Kedisiplinan Atlet Cabang Olahraga Bela Diri Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i1.44747Keywords:
tingkat kedisiplinan, beladiri, adaptasi kebiasaan baruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga bela diri pada masa adaptasi kebiasaan baru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek atlet cabang olahraga bela diri taekwondo dan pencak silat yang berada di kabupaten Buleleng sebanyak 118 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner (angket) melalui Google Form. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase pada tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan atlet bela diri Taekwondo di Kabupaten Buleleng yang paling tinggi jumlahnya adalah pada kategori disiplin berjumlah 28 orang (58%), cukup disiplin 13 orang (27%) dan sangat disiplin 7 orang (15%). Kemudian, tingkat kedisiplinan atlet bela diri Pencak Silat yang paling tinggi jumlahnya adalah kategori disiplin berjumlah 33 orang (47%), sangat disiplin 25 orang (36%) dan cukup disiplin 12 orang (17%). Jadi disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan atlet bela diri Taekwondo dan Pencak Silat pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru termasuk pada kategori disiplin dan diharapkan Atlet bela diri Taekwondo dan Pencak Silat Kabupaten Buleleng pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru agar tetap menjaga protokol kesehatan selama mengikuti aktifitas latihan.
References
Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa di sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238.
Arif, M., Maulana, T., & Lesmana, M. T. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4(1), 106–119. https://doi.org/https://doi.org/10.30601/humaniora.v4i1.515
Ariyani, S. (2019). Tingkat Kedisiplinan Atlet PPLP pada Jenjang Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak.
Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).
Gandung Dwi Nurwanda, D. (2021). Pola Pembinaan Prestasi Olahraga Beladiri Wushu Koni Kabupaten Semarang Di Masa Pandemi Covid 19. Journal of Physical Activity and Sports, 2(3).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.
Jukic, I., González, J. C., Cos, F., Cuzzolin, F., Olmo, J., Terrados, N., Njaradi, N., Sassi, R., Requena, B., Milanovic, L., Krakan, I., Chatzichristos, K., dan Alcaraz, P. E. (2020). Strategies and Solutions for Team Sports Athletes in Isolation due to COVID-19. Sports Journal, 8(56), 1–9.
Kampf, G. (2020). Potential Role Of Inanimate Surfaces For The Spread Of Coronaviruses And Their Inactivation With Disinfectant Agents. Infect Prev Pract, 2(2), 1–2.
Kementerian Kesehatan. (2020). Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Sarana dan Kegiatan Olahraga. https://promkes.kemkes.go.id/flyer-adaptasi-kebiasaan-baru-untuk-sarana-dan-kegiatan-olahraga
Kosasih, E. (1993). Olahraga Teknik dan Program Latihan (Akademi Presindo (ed.)).
Mann, R. H., Clift, B. C., Boykoff, J., dan Bekker, S. (2020). Athletes As Community; Athletes In Community: Covid-19, Sporting Mega Events And Athlete Health Protection. British Journal of Sports Medicine, 54(18), 1071–1072.
Martopo, A. H. (2016). Tingkat Keterampilan Dasar Pencak Silat Siswa Peserta Ekstrakurikuler Pencak Silat SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Buku 1 Edisi 4, Jakarta Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Shah, A. B., Nabhan, D., Chapman, R., Chiampas, G., Drezner, J., Olin, J. T., Taylor, D., Finnoff, J. T., Baggish, A. L. (2021). Resumption of Sport at the United States Olympic and Paralympic Training Facilities During the COVID-19 Pandemic. Sports Health Journal, 13(4), 359–363.
Suchyadi, Y., Sunardi, O., & Novita, L. (2020). Kontribusi Sikap Disiplin Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 115–118.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Tanjung, H. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjimb.v15i1.964
Tjung Hauw Sin. (2017). Disiplin Atlet dalam Latihan. Jurnal Sprota Saintika Maret, 2(1).
Tutur, J., Suryanto, dan Anung, P. (2021). Psychological Problems of Athletes in Undergoing Independent Training Programs During the Pandemic Covid-19. Britain International of Linguistics, Arts and Education (BIoLAE) Journal, 3(2), 128–134.
Winarno, E. M. (2019). Distrupsi Strategi Pembelajran Olahraga Serta Tantangan Dalam Menghadapi New Normal Selama Masa Pandemi Covid-19. (Akademia Pustaka. (ed.)).
Wong, A. Y., Ling, S. K., Louie, L. H., Law, G. Y., So, R. C., Lee, D. C., Yau, F. C., dan Yung, P. S. (2020). Impact of The COVID-19 Pandemic on Sports and Exercise. Asia-Pacific Journal of Sports Medicine, Arthroscopy, Rehabilitation and Technology, 22, 39–44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maikel Khristy Surbakti, I Gusti Lanang Agung Parwata, Made Agus Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)