Minat Belajar PJOK melalui Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i2.46339Keywords:
pembelajaran daring, PJOK, Masa Pandemic Covid-19.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar PJOK melalui pembelajaran daring pada masa pandemi coviddi Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitati berupa survey. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Lubuklinggau denganber sampel jumlah sebanyak 100 siswa. Teknik pengumpulan data untuk mengukur minat pembelajaran PJOK menggunakan Angket dengan 25 butir pertanyaan. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan minat belajar sangat rendah dengan rata-rata persentase sebesar 13%. Berdasarkan hasil penelitian perlu dikembangkan Minat pembelajaran PJOK melalui daring pada masa pandemi covid-19 dengan pemahaman yang lebih baik dan diperlukan metode yang lebih baik dalam melakukan pembelajaran PJOK melalui daring di masa pandemi covid-19 supaya lebih banyak siswa yang memahami materi.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Basuki, S. (2016). Pendekatan saintifik pada penjasorkes dalam rangka membentuk jati diri peserta didik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 117–124.
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228.
Iyakrus, I. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2).
Poerbakawatja, S., & Harahap. (2012). Ensiklopedia Pendidikan, Cet. III. Gunung Agung.
Sabilullah, R. S. (2021). MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI DARING DI SMA NEGERI 1 PARINGIN PADA MASA COVID-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(1), 23–28. https://doi.org/10.26418/jilo.v4i1.46879
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Sojanah, J., & Kencana, N. P. (2021). Motivasi dan kemandirian belajar sebagai faktor determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.17509/jpm.v6i2.40851
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (ke-26). Alfabeta, cv.
Tarigan, K. E. B., Wijaya, M. A., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK Secara Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 173–181. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39522
Victorian, A. R., Aryanti, S., Yusfi, H., Solahuddin, S., & Bayu, W. I. (2021). Perspektif calon guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran online selama pandemi Covid-19. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 6(1), 94–106. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n1.p94-106
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vinna Octavia, Iyakrus Iyakrus, Destriani Destriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)