ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN INTRODUCTION TO LINGUISTICS BERBASIS E-LEARNING UNTUK MAHASISWA BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v13i2.16445Abstract
Penelitian ini merupakan sebuah analisis kebutuhan terhadap materi-materi pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam mata kuliah Introduction to Linguistics dan kebutuhan terhadap pembelajarn berbasis e-leaning pada mata kuliah tersebut. Data analisis kebutuhan diperoleh melalui kuestioner yang berisi tentang opini dan anggapan yang diberikan kepada 25 orang mahasiswa pada Jurusan Diploma III bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa membutuhkan pengetahuan di bidang linguistik dan kebutuhan akan perlunya pembelajaran linguistik melalui e-learning. Dari lima sub bidang linguistik, fonetik, fonologi, sintaksis, dan semantik dianggap sangat dibutuhkan. Sedangkan morfologi dianggap sangat dibutuhkan secara signifikan. Kebutuhan terhadap morfologi berada setingkat di atas bidang linguistik lainnya menurut hasil wawancara dengan informan diperoleh informasi bahwa untuk menguasai bahasa asing mereka memerlukan penguasaan kata-kata yang luas. Kata dan pembentukan kata merupakan bagian dari pokok bahasan di bidang morfologi. Hasil analisis kebutuhan ini juga memperlihatkan pentingnya e-learning dalam proses pembelajaran dengan hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa e-learning berada dalam kategori sangat dibutuhkan. Pentingnya e-learning dalam pembelajaran Introductuion to Linguistics, salah satunya yakni perlunya visualisasi materi pembelajaran. Visualisasi materi pembelajaran memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk melihat contoh-contoh secara nyata dan bukan konsep-konsep yang terlalu abstrak. Hasil penelitian ini sangat berguna dalam pengembangan kurikulum dan pengembangan bahan ajar. Di samping itu, dengan diketahuinya kebutuhan pembelajar, pengajar dapat menyusun materi yang sesuai dengan kebutuhan untuk menciptakan proses pembejaran yang efektif. Kata kunci: analisis, kebutuhan, Introduction to Linguistics, e-learningDownloads
Published
2018-12-21
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)