ASSESSING YOUNG LEARNERS: IT IS NO LONGER A “NIGHTMARE”

Authors

  • Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v8i14.441

Abstract

Pada umumnya terdapat beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh guru yang berkualitas.Interstate New Teacher Assessment and Support Consortium (INTASC) atau konsursium lintas wilayah yangmenangani asesmen dan dukungan terhadap guru baru seperti yang dikutip dari Slavin (2006:23) menyebutkan10 prinsip yang harus dikuasai oleh seorang guru. Prinsip-prinsip tersebut telah digunakan sebagai landasandalam tes sertifikasi guru. Salah satu prinsip tersebut adalah asesmen pembelajaran siswa. Gagasan ini jugadidukung oleh Harmer (2001:58-67) yang menyatakan bahwa guru tidak hanya bertindak sebagai pengendalitetapi juga sebagai asesor yang menawarkan umpan balik dan koreksi serta menilai siswa dengan berbagaicara. Dengan demikian, asesmen memegang peranan yang penting dalam pembelajaran.

Peran penting ini juga berlaku pada pengajaran Bahasa Inggris pada anak-anak. Pemilihan strategiasesmen hendaknya memperhatikan karakteristik peserta didik di mana mereka berbeda dengan pembelajardewasa. Strategi yang dipilih hendaknya autentik, kontekstual dan bermakna, contohnya adalah observasitidak terencana, observasi terencana, asesmen berkelanjutan, konferensi, portofolio, asesmen diri dan temansejawat, serta tes kelas.

Kata kunci: guru berkualitas, asesmen, strategi asesmen

Downloads

Published

2012-12-12