USING DICTOGLOSS TO FOSTER COLLEGE STUDENTS’ LISTENING ABILITY IN UNDERSTANDING BREAKING NEWS TEXTS: A CLASSROOM-BASED ACTION RESEARCH
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v9i17.8921Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan mendengarkan mahasiswa pada mata kuliah Listening III dengan menggunakan dictogloss sebagai sebuah strategi interaktif mengajar keterampilan mendengarkan, dan (2) mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan dictogloss. Penelitian ini melibatkan 32 mahasiswa. Didasarkan pada hasil pre-tes, terindikasi bahwa mahasiswa memiliki kemampuan mendengarkan yang rendah. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes, kuesioner, diari peneliti, dan wawancara informal. Penelitian terlaksana dalam dua siklus dan hasil penelitian mengindikasikan peningkatan kemampuan mendengarkan mahasiswa. Peningkatan ini terjadi karena dinamika kelas yang mengalami perbaikan. Sifat kooperatif dan interaktif dictogloss melalui proses negosiasi makna dalam kerja berpasangan dan kelompok memungkinkan terjadinya pembelajaran teman sejawat dan pengajaran teman sejawat dalam pembelajaran mendengarkan di kelas, yang dilihat dari perspektif pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa, dapat meningkatkan jumlah input yang dapat terpahami—sebuah faktor penting dalam pembelajaran bahasa kedua. Sejalan dengan dinamika kelas ini, respon mahasiswa dilaporkan positif terhadap penerapan dictogloss.
Kata kunci: dictogloss, kemampuan mendengarkan, teks breaking news
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)