Emotion Card dalam User Persona untuk Meningkatkan Persepsi Pengguna dalam Penggalian Kebutuhan Perangkat Lunak

Authors

  • Wahyu Andhyka Kusuma Prodi Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Maulana Alan Gifary Prodi Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rendy Wiranto Prasetya Prodi Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ahmad Fauzan Ali Syahbana Prodi Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/insert.v1i1.25875

Keywords:

Persona, Human Computer Interaction (HCI), Perangkat Lunak (PL)

Abstract

Untuk meningkatkan sebuah system atau perangkat lunak (PL) yang dapat difungsikan dengan baik, maka perlu juga untuk menguasai dan memahami karateristik user yang akan berinteraksi dengan system atau PL ini. HCI disini adalah proses interaksi antara user dengan computer. Persona adalah teknik Human Computer Interaction (HCI) yang menggabungkan sebuah informasi tentang user untuk memahami karakteristik daripada user tersebut. Persoalan yang sering terjadi dalam interaksi user dengan komputer yaitu sering terjadinya salah pengertian dari user persona terhadap PL yang ada, sehingga bukan efektivitas dan efisiensi kerja yang diperoleh, akan tetapi justru menyebabkan pekerjaan tidak efisien dan efektiv, user sering mengalami kesulitan menggunakan PL tersebut karena tidak familiar dengan PL, PL juga terlalu rumit sehingga sulit dipelajari, PL tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna dan tidak atau belum mengakomodasi kebutuhan yang penting bagi pengguna. Tujuan penelitian dilakukan untuk mendapatkan berbagai perspektif penggunaan PL sesuai dengan karakteristik pengguna, sehingga rancangan kebutuhan PL diharapkan dapat mewakili dari berbagai macam tipe pengguna.

References

Acuña, S. T., Castro, J. W., & Juristo, N. (2012). A HCI technique for improving requirements elicitation. Inf. Softw. Technol. Vol. 54, No. 12, pp. 1357–1375.

Arnowitz, J. & Dykstra-Erickson, E. (2005). CHI and the practitioner dilemma. Interactions. Vol. 12, No. 4, p. 5.

Bagriyanik, S. and Karahoca, D. (2014). System analyst expectations from requirements engineering tools: A human computer interaction perspective. Glob. J. Comput. Sci. Vol. 04, No. 1, pp. 7–16.

Chapman, C. N. and Milham, R. P. (2006). The personas’ new clothes: Methodological and practical arguments against a popular method. Proc. Hum. Factors Ergon. Soc. No. April, pp. 634–636.

Copper, A. (1999). The Inmates Are Running the Asylum: Why High-Tech Products Drive Us Crazy and How to Restore the Sanity. ISBN:, pp. 0--citation_lastpage.

Kim, G. Develop the System for the protection of valuable contents.

Marsden, N. and Haag, M. (2016). Stereotypes and politics: Reflections on personas. Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., no. May, pp. 4017–4031.

Marshall, C. (2003). The trouble with scenarios and personas. Retrieved the, vol. 21.

Muniraj, G. and Jagannatha, V. (2007). Requirements engineering using prototyping projects in healthcare diagnostic software applications. Proc. - 15th IEEE Int. Requir. Eng. Conf. RE 2007, no. January 2007, pp. 307–312.

Pruitt, T., John and Adlin. (2010). The persona lifecycle: keeping people in mind throughout product design. Elsevier.

Rauterberg, M. (2006). HCI as an engineering discipline: to be or not to be!? African J. Inf. Commun. Technol. Vol. 2, No. 4, pp. 163–184.

Rogers, Y. Liam, B., and Button, G. (1994). Rethinking theoretical frameworks for HCI: report on an INTERCHI’93 workshop, Amsterdam, 24--25th April, 1993. ACM SIGCHI Bull. Vol. 26, pp. 28—30.

Downloads

Published

2020-06-25

Issue

Section

Articles