Pengembangan Aplikasi Penilaian Outcome-Based Education (OBE) Berbasis Website dengan Metode Waterfall
DOI:
https://doi.org/10.23887/insert.v4i2.65287Keywords:
Perangkat Lunak, Penilaian, Outcome-Based Education (OBE), WaterfallAbstract
Perkembangan teknologi dimanfaatkan dalam proses implementasi pembelajaran OBE. Diantaranya pembuatan sistem informasi yang berisi semua keperluan berkaitan dengan kurikulum. Sistem informasi OBE sangat bermanfaat dan mempengaruhi proses pembelajaran, mulai dari perencanaan kurikulum, metode pembelajaran, sampai bentuk penilaian. Masih belum banyak penelitian yang berfokus pada sistem penilaian kurikulum OBE, yang perannya sangat signifikan jika disandingkan sebagai pelengkap sistem informasi yang ada. Dalam pengembangan sistem informasi atau perangkat lunak, metode waterfall merupakan salah satu metode SDLC yang banyak digunakan. Metode pengembangan ini mengharuskan alurnya bersifat linear dari tahap perencanaan, sampai dengan tahap deployment dan pemeliharaan. Mulai dari spesifikasi perangkat yang digunakan, arsitektur sistem, perancangan basis data, sampai tampilan antarmuka untuk pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi penilaian berbasis OBE yang dapat diakses melalui website. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi penilaian berbasis website yang dapat digunakan sesuai fungsinya berdasarkan kurikulum OBE.
References
Aminuddin, A., Salambue, R., Andriyani, Y., & Mahdiyah, E. (2021). Aplikasi E-OBE untuk Integrasi Komponen Kurikulum OBE (Outcome-Based Education). JSI: Jurnal Sistem Informasi, 13(1), 2168–2182. https://doi.org/10.36706/jsi.v13i1.13914
Ginting, G., Fadlina, F., Karim, A., Sianturi, C. F., Siagian, E. R., & Simarmata, J. (2022). Sistem Informasi (Cetakan 1). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=eyZ-EAAAQBAJ
Komsiyah, I. (2021). Tantangan Implementasi Outcome-Base Education Dalam Membangun Nilai Karakter Mahasiswa di Masa Pandemik Covid-19. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Kumar, K. (2023). Engineering Pedagogy Towards Outcome-Based Education.
Kushari, B. L. S. (2014). A Learning Outcome Assessment Information System To Facilitate Outcome-Based Education (OBE) Implementation. Jurnal Pendidikan Tekonologi Kejuruan, 16(September), 6.
Rao, N. J. (2020). Outcome-based Education: An Outline. Higher Education for the Future, 7(1), 5–21. https://doi.org/10.1177/2347631119886418
Sandu Siyoto dan Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Cetakan Pe). Literasi Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ
Setiono, Sistiana Windyariani, & Juhanda, A. (2023). Implementasi Sistem Penilaian Berbasis Oucome Based Education di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–9. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/2617/1265
Shylesh, S. (2017). A Study of Software Development Life Cycle Process Models. SSRN Electronic Journal, 1–7.
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5.
Wijaya, D. P., Heksaputra, D., Wicaksana, R. S., & Gautama, D. H. (2019). Pengembangan Aplikasi Adiba Msme Sebagai Penghubung Lembaga Keuangan Syariah Dengan Usaha Mikro Kecil Menengah. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(2), 58. https://doi.org/10.21927/ijubi.v2i2.1122
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adzan Fajar Sukmono Wahyudi, Dadang Heksaputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INSERT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.